Detail Karya Ilmiah
-
Perbandingan Hasil Belajar PKn antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing dan Tipe Time Token pada Siswa Kelas III SDN Pejagan 9 BangkalanPenulis : SutatikDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Daya tarik siswa terhadap mata pelajaran PKn masih kurang yang menyebabkan siswa tidak suka dan cenderung bosan, sehingga hasil belajar yang diperoleh rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar PKn antara model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan tipe time token pada siswa kelas III SDN Pejagan 9 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi experimental design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas III SDN Pejagan 9 Bangkalan. Sampel penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling sistematis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t test menggunakan nilai posttest siswa diperoleh nilai thitung 2,2342 dan ttabel 1,9993. Hasil pengujian menunjukkan nilai thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan tipe time token. Kata kunci: PKn, Model Pembelajaran Kooperatif, Kancing Gemerincing, Time Token, Hasil Belajar.
AbstractionStudents’ interested in PKn subject was straight to decline that effect student bored and has a bad score. The purpose of this research is to know is there any differences in PKn Learning Outcomes Between Cooperative Learning Model Type Kancing Gemerincing and Type Time Token on Students of Third Grade of SDN Pejagan 9 Bangkalan. This research is quantitative that used quasi experimental design. The population is all students of third grade of SDN Pejagan 9 Bangkalan. The sample of this research used nonprobability sampling with systematic sampling. The hypothesis in this research used independent sample t-test that score posttest of student was got score tcount 2,2342 and ttable 1,9993. The result of the hypothesis present score tcount > ttable, then Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion is there is a different between Key Words: Civic Education, Cooperatif Learning, Talking Chips, Time Token, Learning Outcomes.