Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Rebatar (Remi Bangun Datar) pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDPenulis : Musyafaatul FahmidaDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.SiDosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh guru tidak menggunakan media pembelajaran karena lebih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga kurang menarik minat belajar siswa. Maka peneliti membuat inovasi dengan mengembangkan media pembelajaran kartu rebatar. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran kartu rebatar dengan mengetahui kelayakan, keefektifan, dan ketertarikan siswa terhadap media tersebut untuk kelas III SD. Penelitian pengembangan ini mengikuti tahapan dari model pengembangan Borg and Gall yaitu identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, dan produksi massal. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, diperoleh persentase kelayakan media dari validator ahli media pembelajaran sebesar 76,56% (layak), ahli materi sebesar 96,87% (sangat layak), ahli bahasa sebesar 89,06% (sangat layak), dan ahli desain pembelajaran sebesar 73,43% (layak). Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari lembar observasi aktivitas guru sebesar 92,25% (sangat efektif) dan ditinjau dari lembar observasi aktivitas siswa sebesar 93,18% (sangat efektif). Ketertarikan siswa terhadap media diukur menggunakan angket respon siswa dengan persentase sebesar 92,06% (sangat tertarik). Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu rebatar sangat layak, sangat efektif, dan siswa sangat tertarik sehingga cocok digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi unsur dan sifat-sifat bangun datar. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Kartu Rebatar, Matematika, Bangun Datar.
AbstractionThis development research, background by the teachers which not used learning media because the teachers more often used communicative (speech) and question-answer method, so it is less the interest of students to learn. The purpose of this development research is to develop the learning media used rebatar card by knowing the feasibility, effectiveness, and the interest of students towards the media for 3rd class of elementary school. Research development follows the stages of the development model of the Borg and Gall IE problem identification, information gathering, product design, design validation, repair design, product testing, product testing, revisions, revision products the final stages, and mass production. Based on the results of research development is done, eligibility percentages obtained media from learning media expert of validator 76,56% (decent), a material of 96,87% (very decent), linguists of 89,06% (very decent), and expert instructional design of 73.43% (decent). The effectiveness of learning media observation activity sheet the teacher of 92,25% (very effective) and in terms of student activity observation sheet of 93,18% (very effective). The interest of students towards the media measured using question form student response with a percentage of 92,06% (very interested). The results showed that the media card rebatar is well worth learning, it is very effective, and the students are very interested in making it suitable as a medium of learning mathematics material elements and properties of the wake. Keywords: Development, Learning Media, Card Rebatar, mathematics, two dimension of flat.