Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Diorama Jenis Pekerjaan Berdasarkan Tempat Tinggal Di Kelas IV UPTD SDN Gebang 1 Bangkalan
    Penulis : Ardhiyansyah
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Pengembangan media diorama jenis pekerjaan dilator belakangi karena tidak tersedianya media pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk pembelajaran kurikulum 2013 kelas IV UPTD SDN Gebang 1 Bangkalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media diorama jenis pekerjaan yang valid, menarik bagi siswa, dapat diterapkan dan efektif dalam kegiatan pembelajaran. Prosedur pengembangan mengikuti prosedur dari Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Prosedur ini terdiri dari 10 tahapan 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produksi masal. Hasil uji coba kevalidan diperoleh dari ahli media, ahli materi, dan ahli desain pembelajaran sebesar 88%. Hasil kemenarikan media dalam uji coba pemakaian sebesar 92,3%. Keterterapan media dilihat dari observasi aktivitas guru sebesar 100%, observasi aktivitas siswa sebesar 84,7%. Keefektifan media dari hasil belajar siswa sebesar 93,3% siswa tuntas. Hasil menunjukkan bahwa Media diorama jenis pekerjaan sangat valid, sangat menarik, sangat dapat diterapkan dan sangat efektif dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Diorama Jenis Pekerjaan, Berbagai Pekerjaan, Kurikulum 2013

    Abstraction

    The development of media diorama type of work is motivated by the unavailability of creative and innovative learning media for curriculum 2013 in the fourth grade of UPTD Gebang 1 Bangkalan Elementary School. The aims of this study are for developing the validity profession home media, making the students’ interest, can be applied and effectiveness in learning activities. The procedure of developing follows the procedure from Borg & Gall, adapted by Sugiyono. This procedure contains ten steps; 1) Potential and Problem 2) Collecting Data 3) Product Designing 4) Designing Validity 5) Designing Revision 6) Product Trial Test 7) Product Revision 8) Usage Trial Test 9) Product Revision 10) Mass Production. The Validity of the trial test result is got from the media scientist, material scientist, and learning designing scientist 88 %. The interest to the media in usage trial test is 92,3 %. The applied of media application from the teacher activity observation is 100 %. The students’ activity observation is 84,7%. The effectiveness of learning by using media the students’ achievement is 93,3% student’s complete, The student’s master learning shows that the profession home media is so valid, very interesting, very applicable and very effectiveness in doing this learning activity process. Keyword: Diorama of Work Types, Some Workings, Curriculum 2013

Detail Jurnal