Detail Karya Ilmiah
-
PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI “MENULIS CERITA BERDASARKAN PENGALAMAN” KELAS IV-B SD INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM SUMENEPPenulis : OKI LIANA SAFITRIDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.PdAbstraksi
Pembelajaran menulis cerita dengan pendekatan proses memiliki tiga tahap yaitupramenulis, menulis dan pasca-menulis, dan menuntut siswa untuk aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis cerita dengan pendekatan proses berdasarkan pengalaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV-B SD Integral Luqman Al Hakim Sumenep. serta, ingin mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa ketika menulis cerita. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah berupa data hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung yang dilakukan oleh peneliti selaku observer, wawancara secara terstruktur yang diberikan kepada guru dan siswa kelas IV-B untuk mendapatkan data yang maksimal. Setelah dilakukan observasi dan wawancara dapat diketahui kesulitan yang dialami siswa dalam menulis cerita berdasarkan pengalaman yaitupeyusunan paragraf dan berfikir panjang selama menulis.
AbstractionThe story writing with process approach has three stages namely prewriting, writing and post-writing, and demands students to be active. This study has objective to describe the application of story writing learning with process approach based on student experience in Indonesian language subject of class IV-B of SD Integral Luqman Al Hakim Sumenep. In addition, this study attempts to know the difficulties faced by the students when writing story. This study uses qualitative descriptive study. The instruments used are in the form of data of observation results of teacher and students activities during the learning process which conducted by the writer as observer, and structured interview given to the teacher and students of class IV-B to obtain the maximum data. After the observation and interview are done, it can be found that the difficulties faced by the students in writing a story based on experience is paragraph arrangement and long thinking during writing.