Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN KEPOHKIDUL 2 BOJONEGORO
    Penulis : ADI WAHYU IRAWAN
    Dosen Pembimbing I : H. Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si,
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan pola asuh otoriter orang tua kepada siswa kleas II di SDN 2 Kepohkidul (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas II yang berpola asuh otoriter di SDN 2 Kepohkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil subyek penelitian yaitu orang tua siswa kelas II, siswa kelas II SDN Kepohkidul 2, dan guru kelas II. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua menerapkan peraturan yang ketat kepada anak, membatasi waktu, jarak, tempat, dan teman bermain anak, orang tua mengharuskan anak untuk mematuhi semua peraturan dari orang tua tidak boleh membantah dan menolak perintah dari orang tua, orang tua memberikan hukuman fisik dan non fisik kepada anak apabila melakukan kesalahan, orang tua tidak pernah berdiskusi dengan anak dan tidak pernah meminta anak untuk mengemukakan pendapat, orang tua tidak pernah memberikan hadiah dan pujian kepada anak, siswa mendapat nilai di bawah rata-rata dan memiliki pemahaman yang kurang, siswa menunjukap sikap yang emosional, pendiam, kurang percaya diri, dan sulit bergaul, keterampilan siswa dalam membaca, berhitung, dan menggambar belum terlalu lancar dan kurang aktif dalam kegiatan fisik (olahraga dan kegiatan sekolah).

    Abstraction

    The purpose of this study were (1) to discover an application of authoritarian parenting towards the students at Kepohidul II Elementary School; and (2) to find out study result of students grade II at Kepohidul II Elementary School who experienced authoritarian parenting back home. Qualitative research was held in this study. The limitations of this study were parents, students of grade II and teachers of grade II. The data was collected by conducting observation, interview and documentation. Techniques of analysis data were data collection, data display and drawing conclusion. The results showed that parents apply strict rules to children, limiting the time, distance, place, and playmates of children, parents require children to obey all the rules of the parents should not argue and refuse orders from parents, parents provide punishment physically and non-physically to the child when making mistakes, parents never discuss with children and never ask children to express opinions, parents never give gifts and praise to children, students score below average and have less understanding , students pointed to an emotional, quiet, lack confidence, and difficulty getting along, students' skills in reading, arithmetic, and drawing were not too fluent and less active in physical activity (sport and school activities).

Detail Jurnal