Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PERAN MOTIVASI ORANG TUA DAN GURU DALAM PEMBENTUKAN MINAT BACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN BULUH 1 BANGKALANPenulis : Dewi OktaviyaniDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.PdAbstraksi
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi yang diberikan orang tua kepada anak, untuk mendeskripsikan motivasi yang diberikan guru kepada siswa kelas III SDN Buluh 1, dan untuk mendeskripsikan peran motivasi orang tua dan guru dalam pembentukan minat baca siswa SDN Buluh 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua siswa kelas III dan guru kelas III SDN Buluh 1 Bangkalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Data yang telah terkumpul kemudian direduksi, dan ditriangulasikan, kemudian dianalisis oleh peneliti. Hasil dari penelitian yaitu motivasi yang diberikan oleh orang tua pada siswa sudah baik, contoh motivasi yang diberikan oleh orang tua adalah memberikan dorongan pada anaknya untuk belajar setiap hari. Sedangkan motivasi yang diberikan oleh guru sudah baik, hasil nilai rata-rata angket yang diperoleh yaitu 90% guru telah melakukan motivasi kepada siswa, baik dalam proses pembelajaran berlangsung maupun diakhir pembelajaran. Selain itu, Peran motivasi orang tua dan guru dalam pembentukan minat baca siswa kelas III ini sudah cukup baik. Orang tua telah melakukan tugasnya sebagai pendidik utama dirumahnya dengan baik. Sedangkan guru telah memotivasi siswa dengan baik disekolah, namun metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih kurang tepat. Kata Kunci: motivasi orang tua dan guru, pembentukan minat baca siswa
AbstractionThe aims of this research is to describe a motivation that given by parents to children, to describe a motivation from teacher to the student in SDN Buluh 1, 3 class, and also to describe the contribution of motivation from both of parent and teacher of the establistment of the students in SDN Buluh 1. This research used qualitative descriptive method. The informant of this research are the parents and the teacher of the students in SDN Buluh 1 Bangkalan. The method of collecting data thef used in this research are interview, observation, documentation, and inquiry. Then the data would be reducted, triangulated, and analyzed by the researcher. The result of this research is the motivation that given by the parent to the student well down. They have already given the motivation to their children, the example of this is when thwy push their children to study everyday to be the clever one. While the motivation which given by the teacher runs well, the score attans 90% of theacher who give the motivation to the student, either in the first learning or in the last time. Beside that, the contribution of the motivation from the teacher and the student to estabilish the interest of reading of the students in 3 xvi rd class is running well. The parents have already do their job as the first educater in their house. Alt hough there is an indicator which didn’t do yet, which influence to the reading interest estabilishment of the student. This happens because the teacher didn’t use the right method in learning. Keywords: The motivation of Parent and Teacher, The Reading Interest Estabilishment of tudent.