Detail Karya Ilmiah
-
ilai-Nilai Karakter Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SDN Lengkong II Nganjuk)Penulis : Ahmad Ristyan NovantoDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd.,M.Pd.Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP.,M.Si.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai karakter dalam ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci di SDN Lengkong II Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan metode kualitatif eksplanatif. Objek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci, pelatih pencak silat, guru kelas, teman sebaya dan kepala sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling untuk siswa yang mengikuti ekstrakurikuler dan pelatih sedangkan snowball sampling untuk kepala sekolah, teman sebaya dan guru kelas. Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu nilai-nilai karakter dalam ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci yaitu karakter religius, sopan santun, empati dan sportifitas. Nilai-nilai karakter religius ditanamkan dan dibiasakan pelatih saat berdoa bersama sebelum memulai dan mengakhiri kegiatan latihan, dan pada saat kenaikan tingkat siswa harus terlebih dahulu membaca dan hafalan surat pendek dalam Al-quran. Nilai-nilai karakter sopan santun ditanamkan dan dibiasakan pelatih saat siswa diharuskan izin sesuai dengan prosedur Pencak Silat Tapak Suci ketika akan pergi ke toilet dan pada saat kegiatan latihan berlangsung siswa diharuskan untuk berbicara krama inggil dengan pelatih, sedangkan dengan teman sebaya menggunakan krama ngoko. Nilai-nilai karakter empati ditanamkan dan dibiasakan pelatih saat siswa diharuskan untuk membawa bekal makanan saat kegiatan latihan, dan apabila nanti terdapat siswa yang tidak membawa bekal makanan maka teman yang lain untuk mengajak makan bersama-sama. Nilai-nilai karakter sportifitas ditanamkan dan dibiasakan pelatih saat kegiatan latihan sabung/ bertanding dan saat kegiatan peching/ latihan pukulan tendangan menggunakan media body protector. Kata Kunci: Nilai-nilai karakter, Kegiatan Ekstrakurikuler, Pencak Silat Tapak Suci
AbstractionThe purpose of of this research to understand why the martial arts Tapak Suci’s ekstracuricullar can built the student character of social skills SDN Lengkong II Nganjuk. Methodology research that using is the research is qualitatif eksplanatif. The object of this research is student who join in martial arts Tapak Suci’s ekstracuricullar, coach, teacher, friends, and headmaster. Taking of sample technic that using is purposive sampling to student that join in this Tapak Suci’s ekstracuricullar and the coach, while the snowball sampling to headmaster, teachers, and friends. The result of this research are the values of characters in martial arts Tapak Suci extracurricular that is religious character, politeness, empathy and sportsmanship. The value of religious character instilled values and current coach accustomed to pray together before start and end of training activities and on the rise in the level of students must read and rote short letters in the Al-Qur’an. Value of character instilled manners and familiarized coach when students were required permits in accordance with the procedure martial arts sacred site when going to the toilet and during on going training activities students are required to speak with the coach inggil manners, where as with peers using ngoko manners. Values instilled character empathy and familiarized coach when students are required to bring food at an exercise activity and when students who do not bring food then another friend to invite eat together. Sportsmanship character instilled values and familiarized coach when cockpit training activities or play and when activities peching or media workout using kick punch body protector. Keywords: Values of Character, Extracurricular Activity, Martial Arts of Tapak Suci