Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KARTUN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS 3 SD NEGERI PEJAGAN 1 BANGKALANPenulis : FaridaDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.PdAbstraksi
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran wayang kartun berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran PKn siswa kelas 3 SD Negeri pejagan 1 Bangkalan yang layak. Kelayakan dalam penelitian ini ditinjau dari beberapa aspek yaitu validitas, kemenarikan, keefektifan dan keterterapan media pembelajaran wayang kartun berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi. Validitas media wayang kartun berbasis kearifan lokal diujicobakan pada tiga validator, yaitu ahli media pembelajaran memperoleh sebesar 85% (Sangat layak), ahli Bahasa sebesar 85% (Sangat layak), dan ahli materi sebesar 92,5% (Sangat layak). Kemenarikan media pembelajaran wayang kartun berbasis kearifan lokal diukur menggukan angket siswa yang dilakukan pada uji coba produk memperoleh persentase sebesar 93,75% (Sangat menarik), dan uji coba pemakaian memperoleh persentase sebesar 93,5% (Sangat menarik). Keefektifan memperoleh persentase sebesar 92,7% (Sangat efektif), dengan ketuntansan belajar klasikal sebesar 100%. Keterterapan memperoleh persentase sebesar 97,5% (Sangat baik digunakan).
AbstractionThe objectives of this research is to develop learning puppet’s learning media based on local wisdom of civic education learning class 3rd elementary school Pejagan 1 Bangkalan decent. The feasibility of this research is examined from several aspect, sech as the validity, attractivesness, affectiveness and the availability of learning media of puppet cartoon based on local wisdom. The study used a modified Bord and Gall model. The validity of cartoon media based on local wisdom was tested on three validators, which 85%(very worthy), 85% (very worthy), and 92,5% (very worthy) of language experts. The attractiveness of the puppet cartoon based learning media waas measured by using the questionerr of the students in the trial of the product obtained a percentage of 93.75% (very interesting), and the trial usage obtained a percentage of 93.5% (nery interesting). The affectiveness of obtaining a percentage of 92.7% (very effective), with classical learning credentials of 100%. Absorption earns a percentage of 97.5% (very goog to use).