Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SD Negeri Sambeng Kasiman Bojonegoro.Penulis : KartikasariDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN Sambeng Kasiman Bojonegoro sebagai berikut: minat membaca masih kurang; siswa kurang aktif; bosan; kurang semangat dan pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Permasalahan yang terjadi mengakibatkan nilai ulangan harian mata pelajaran Bahasa Indonesia dibawah KKM yaitu kurang dari 70, sehingga kriteria hasil belajar siswa rendah. Peneliti memberikan alternatif pemecahan masalah menggunakan strategi pembelajaran PQ4R. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan keterampilan membaca pemahaman antara kelas yang menggunakan strategi PQ4R dan kelas yang tidak menggunakan strategi PQ4R. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimental jenis nonequivalen control group design. Populasi yang digunakan berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitia ini yaitu sampling jenuh, semua siswa kelas VI SDN Sambeng Kasiman Bojonegoro terdiri dari kelas VIA dan VIB. Hasil perhitungan uji t Komparatif (uji-t), maka diperoleh nilai t hitung sebesar 4,62 > t ditolak artinya ada perbedaan keterampilan membaca pemahaman antara kelas yang menggunakan strategi PQ4R dan kelas yang tidak menggunakan strategi PQ4R. Uji Gain diperoleh 100% dengan peningkatan keterampilan membaca pemahaman sebesar 0.79 dengan kategori sedang. tabel Kata kunci: Strategi Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R), Bahasa Indonesia, Keterampilan Membaca Pemahaman
AbstractionProblems that occurred in Indonesian Language learning of sixth grade students of SDN Sambeng Kasiman Bojonegoro is as follows: less interest in reading, less active students, bored, less encouragement, and teacher-centered learning. The problems that occurred result in daily test value of Indonesian Language subject under the KKM that is less than 70, so that the criteria of students’ learning outcomes is low. The writer gives a problem solving alternative by using PQ4R learning strategy. The objective of this study is to know the difference of reading comprehension skills between class that uses PQ4R strategy and class that does not use PQ4R strategy. This study is a quantitative study by using quasi experimental design in the type of nonequivalent control group design. The population that used is 40 students. Sample in this study is saturated sampling that is all sixth grade students of SDN Sambeng Kasiman Bojonegoro consists of class VIA and class VIB. The calculation results of Comparative t test (t-test) obtain the value of t xxii count which is 4.62 > t which is 2,1, H o table is rejected which means that there is a difference of reading comprehension skills between the class that uses PQ4R strategy and class that does not use PQ4R strategy. Gain test is obtained 100% with the improvement of reading comprehension skills is 0.79 in medium category. Keywords: Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) Strategy, Indonesian Language, Reading Comprehension Skills