Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATE READING AND COMPOSITION TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI JAMBU 1 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
    Penulis : NURMA LINDA HARIYANI
    Dosen Pembimbing I : SULAIMAN, S.Pd., M. Pd
    Dosen Pembimbing II :FACHRUR ROZIE, S.Pd., M. Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif non parametrik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Coopertif Integrate Reading and Composition terhadap berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Jambu 1 pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Coopertif Integrate Reading and Composition terhadap berpikir kritis setelah pembelajaran di peroleh melalui hasil Posttest. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Jambu 1 dengan fokus berfikir kritis pembelajaran membaca, penelitian dilaksankan pada 19 Mei 2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan quasi eksperimen design, dengan rancangan nonequifalen control group design dengan perlakuan yang yang berbeda pada dua kelas. Sampel yang di gunakan adalah sampel jenuh, yaitu VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen Tes Hasil Belajar berfikir kritis berupa soal essay sebanyak 10 soal dan lembar observasi yang terdiri lembar observasi guru, lembar observasi siswa, serta angket respon siswa. Hasil penelitian dari uji signifikansi Wilcoxon menunjukkan nilai Z = -3.926 dan diketahui Asymp. Sig (2 tailed) yang merupakan nilai probabiltas kumulatif Z adalah 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan kelas eksperimen antara hasil pretest dan posttest yang menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis tersebut maka dapat di simpulkan ”ada pengaruh model pembelajaran Coopertif Integrate Reading and Composition terhadap berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Jambu 1 pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: CIRC, Berpikir Kritis

    Abstraction

    This aims of research is a non parametric quantitative. The purpose of this study was to determine the effect of the coopertif integrate reading and composition learning model on the critical thinking of students in grade V Jambu SD Negeri Jambu 1 in Indonesian Language. This study aims to determine the effect of the coopertif integrate reading and composition learning model on critical thinking after learning is obtained through the Posttest results. This research was conducted in SD Negeri Jambu 1 with a focus on critical thinking of learning to read, the study was conducted on May 19, 2017. The type of this research is quantitative with experimental methods, using quasi experimental design, with nonequifalen control group design with different treatments in two classes . The sample used is the saturated sample, which is VA as the experimental class and the VB class as the control class. The research instrument used was the Critical Thinking Learning Outcomes Instrument in the form of essay questions totaling 10 questions and an observation sheet consisting of teacher observation sheets, student observation sheets, and student questionnaire responses. The results of the Wilcoxon significance test show that Z value = -3.926 and known Asymp. Sig (2 tailed) which is the cumulative probability value of Z is 0,000 <0.05 so it can be concluded that there is a significant difference in the experimental class between the results of the pretest and posttest which states Ho is rejected and Ha is accepted. From the results of this analysis it can be concluded "there is the influence of the Co-certified Learning Integrate Reading and Composition learning model on the critical thinking of Grade V students of SD Negeri Jambu 1 on Indonesian subjects. Keywords: CIRC, Critical Thinking

Detail Jurnal