Detail Karya Ilmiah

  • analisis kesulitan guru kelas dalam menyampaikan materi pada siswa berkebutuhan khusus di SDN Banyuajuh 1 dan UPTD SDN Telang 2
    Penulis : wika yusliany
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos.,M.Si
    Dosen Pembimbing II :Agung Setyawan, S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    Wika Yusliany. 2019. Analisis Kesulitan Guru Kelas Dalam Menyampaikan Materi Pada Anak Bekebutuhan Khusus di SDN Banyuajuh 01 dan UPTD SDN Telang 2. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Priyono Tri Febrianto, S.Sos.,M.Si. Pembimbing II Agung Setyawan, S.Pd.,M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru kelas dalam menyampaikan materi pada siswa berkebutuhan khusus dan untuk mengetahui cara guru kelas memberikan solusi pada kesulitan menyampaikan materi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa berkebutuhan khusus kelas II dan III di SDN Banyuajuh 1 dan siswa berkebutuhan khusus kelas III dan IV di UPTD SDN Telang 2. Hasil yang diuraikan dari hasil penelitian adalah hasil analisis kesulitan guru kelas dalam menyampaikan materi pada siswa berkebutuhan khusus, hasil wawancara terhadap guru kelas dan siswa berkebutuhan khusus. pembahasan yang akan diuraikan meliputi kesulitan guru kelas dalam menyampaikan materi pada siswa berkebutuhan khusus. Ditemukan ada kesulitan dalam menyampaikan materi apalagi memang ada yang bermasalah dikelas tersebut yakni siswa berkebutuhan khusus. kesulitan yang dihadapi oleh guru kelas ialah saat siswa tidak dapat menerima materi secara penuh, siswa kesulitan mendengar materi yang guru sampaikan, guru harus menyampaikan materi satu persatu pada anak berkebutuhan khusus. Kata kunci : Kesulitan guru, menyampaikan materi , anak berkebutuhan khusus.

    Abstraction

    Wika Yusliany. 2019. An Analysis of Class Teacher’s Difficulties in Delivering Material toward Children with Special Needs at Banyuajuh Elementary School 01 and UPTD Telang Elementary School 02. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education Science, University of Trunojoyo Madura. Advisor I Priyono Tri Febrianto, S.Sos.,M.Si. Advisor II Agung Setyawan, S.Pd.,M.Pd. ABSTRACT The aim of this study was to determine the class teacher’s difficulties in delivering material to student with special needs and to find out how class teachers provide solution in delivering difficulties material. The approach of this study was descriptive qualitative with observation, interview, and documentation techniques. Sample of this research were students with special needs in second and third grade at Banyuajuh Elementary School 01 and student with special needs in third and fourth grade at UPTD Telang Elementary School 02. The results of this study indicated that the class teacher’s difficulties in delivering material to student with special needs, the results of interview with class teachers and student with special needs. The discussion that will be described includes the class teacher’s difficulties in delivering material to student with special needs. Was found there were difficulties in delivering material especially if there were problems in that class, namely student with special needs. Some difficulties faced by class teachers when students could not receive full of material, students have a problem in hearing the material that teacher conveys, the teacher must deliver the material one by one to children with special needs.

Detail Jurnal