Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Ruang dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 SDN 2 Pasi Lamongan
    Penulis : Izzatun Nihayah
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Bahan ajar merupakan salah satu komponen perangkat pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran dimana materi tersebut sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu yang disusun secara sistematis. Bahan ajar merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, keefektifan, dan kemenarikan bahan ajar materi bangun ruang dengan pendekatan Realistic Mathematics Education pada pembelajaran matematika kelas 1 SD. Adanya bahan ajar ini menjadikan tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap define, design, development, dan disseminate. Instrumen dan bahan ajar ini telah divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli media pembelajaran, dan ahli desain pembelajaran. Selain itu, ada tiga uji coba yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini, yaitu uji coba prorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa persentase validitas oleh validator ahli adalah 79,16% (valid). Efektivitas bahan ajar ditinjau dari lembar observasi guru selama tiga tahap uji coba adalah 84,06% (sangat menarik) dan efektivitas bahan ajar ditinjau dari lembar observasi siswa sebesar 83,22% (sangat menarik). Kemenarikan bahan ajar ditinjau dari lembar angket respon siswa diperoleh 87,97 (sangat menarik). Kata kunci: Bahan Ajar, Bangun Ruang, Realistic Mathematics Education, Model 4D

    Abstraction

    Teaching materials is one component of learning devices that contain learning materials where the material in accordance with certain syistematically. Teaching materials is one of the important factors in the success of the learning process. The purpose of this study is to determine the validity, effectiveness, and attractiveness of teaching materials to build space material with Realistic Mathematics Education approach in mathematics learning first grade of elementary school. The exixtence of this teaching materials make the learning objectives can be delivered properly. This research use 4D model consisting of four stages, it is define, design development, and disseminate. These instruments and teaching materials have been validated by material experts, linguists, learning media specialists, and design learning expert. In addition, three trials were undertaken in this development research, it is individual testing, small group trials, and large group trials. Based on the results of development research that has been done, obtained the result that the percentage of validity by the expert validator is 79.16% (valid). The effectiveness of teaching materials in terms of teacher observation sheet during the three stages of the experiment was 84,06% (very interesting), and the efeectiveness of the teaching materials in terms of student observation sheets of 83,22% (very interesting). The attractiveness of teaching materials in terms of student respone questionnaire obtained 87,97% (very interesting). Keywords: Teaching Materials, Space Building, Realistic Mathematics Education, Model 4D

Detail Jurnal