Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI TAJUNGAN KAMAL
    Penulis : Novi Safitri
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran Pendidikan Kewaraganegaraan (PKn) siswa kelas III SDN Tajungan sebagai berikut: siswa kurang aktif; bosan; mengantuk dan kurang berinteraksi dengan temannya. Permasalahan yang terjadi mengakibatkan nilai ulangan harian mata pelajaran PKn di bawah KKM yaitu kurang dari 70, sehingga kriteria hasil belajar siswa rendah. Peneliti memberikan alternatif pemecahan masalah menggunakan model artikulasi. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) mengetahui pengaruh pembelajaran Pkn dengan menggunakan model artikulasi terhadap hasil belajar dan (2) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran PKn dengan menggunakan model artikulasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimental jenis nonequivalen control group desaign. Populasi yang digunakan berjumlah 46 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh, semua siswa kelas SDN Tajungan terdiri dari kelas IIIA dan IIIB. Hasil perhitungan uji signifikansi (uji-t) diperoleh thitung = 16,96 > ttabel = 2,08, maka Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran PKn dengan menggunakan model artikulasi terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Tajungan Kamal. Besarnya pengaruh pembelajaran PKn dengan menggunakan model artikulasi terhadap hasil belajar yaitu 94,09%. Hasil perhitungan angket respon siswa diperoleh 90% dengan kategori sangat baik.

    Abstraction

    The problems that happen on Civic Education learning (PKn) 3rd class in SDN Tajungan they are: the students are less active, bored, sleepy and less interacting with their friends. The problems that occur result in daily test of Civic Education Learning under KKM is less than 70, therefore the criteria of the achievment student learning is low. Researcher gives problem solving of the problems by using articulation model. The purpose of the research are: (1) to know civic education learning by using articulation model of the results learn and (2) to know students response of civic education learning by using articulation model. The research is quantitative research by using quasi-eksperimental desaign with kind non-equivalent control group desaign. The population are 46 students. The sample in this research is saturate sampling, all students 3rd class SDN Tajungan to be class III A and III B. The significant test (t-test) is obtainded tcount = 16,96 > ttable = 2,08, therefor Ho is rejected. That mean is there is the effect of civic education learning by using articulation model on achievement student learning 3rd class in SDN Tajungan Kamal. The effect of civic education learning by using articulation model on achievement student is 94,09%. The result of response student’s questionnarie are 90%, that mean is very good.

Detail Jurnal