Detail Karya Ilmiah

  • Penanaman Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) melalui Kegiatan Pramuka Di Sekolah Dasar
    Penulis : Dewi Salmah
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman watak kewarganegaraan melalui kegiatan Pramuka dan kendala yang dihadapi serta upaya untuk mengatasinya di SD Negeri Burneh 1 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil subjek penelitian yaitu pembina Pramuka Penggalang dan Pramuka Penggalang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama; Kegiatan Pramuka di SD Negeri Burneh 1 Bangkalan menanamkan 8 indikator watak kewarganegaraan yaitu: (1) tanggung jawab moral, (2) disiplin diri, (3) menghargai harkat dan martabat manusia dari setiap individu, (4) kepedulian, (5) kesopanan, (6) hormat terhadap aturan hukum, (7) kemauan untuk mendengar, dan (8) bernegosiasi dan berkompromi. Kedua; Kendala dalam menanamkan watak kewarganegaraan melalui kegiatan Pramuka yaitu: (1) kurangnya alokasi waktu pelaksanaan latihan rutin Penggalang, (2) kesulitan dalam melakukan penilaian oleh pembina Pramuka, dan (3) kurangnya dukungan dan perhatian dari murid kepada Pramuka Penggalang untuk mengikuti kegiatan Pramuka. Ketiga; Upaya untuk mengatasi kendala penanaman watak kewarganegaraan dalam kegiatan Pramuka yaitu: (1) memberikan latihan-latihan tambahan ketika hendak mengirimkan delegasi lomba kepramukaan, (2) Pembina Pramuka belajar untuk memberikan penilaian yang sesuai dengan kemampuan anak, dan (3) mengadakan sosialisasi untuk menyampaikan kewajiban mengikuti Pramuka dan tujuan dari kegiatan Pramuka kepada orang tua Pramuka Penggalang. Kata Kunci: kegiatan pramuka, penanaman watak kewarganegaraan, Pramuka Penggalang.

    Abstraction

    The purpose of this research to describe the inculcation of civic disposition through the scout activity and obstacles encountered and efforts to overcome it in Elementary School of Burneh 1 Bangkalan. This research are using descriptive qualitative research approach by taking research subject that are scouter and scout. Data collection technique are observation, interview, and documentation. The result of this research show that: The first; Scout activity at Elementary School of Burneh 1 Bangkalan inculcates 8 indicators of civic disposition: (1) moral responsibility, (2) self dicipline, (3) respect for the worth and human dignity of every individual, (4) caring, (5) civility, (6) respect for the rule of law, (7) the willingness to listen, and (8) negotiate and compromise. The second; Obstacles to inculcate civic disposition through scout activities are: (1) the duration to carry out scout routine activities is so limited, (2) the scouter got difficulty to give the assessment for the scout (3) parents of the scout didn’t give support and attention for the scout to participate the scout activity fully. The third; Efforts to overcome the obstacles to inculcate civic disposition in scout activities are: (1) to provide additional training when will join the scouting competition, (2) scouter learns more to give assessment for the scout based on scout’s ability, and (3) socialiszation about the obligation to follow the scout activity and the purpose of the scouting activity to the parents of scouts. Key words: scout activity, inculcation of civic disposition, scout

Detail Jurnal