Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MADURA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GILI BARAT KAMAL BANGKALAN MADURAPenulis : DIYAH SETYOWATIDosen Pembimbing I : INDAH SETYO WARDHANI, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :ISNA IDA MARDIYANA, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Media pembelajaran merupakan salah satu factor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, dan keefektifitasan media pembelajaran MADURA dalam pembelajaran IPA materi daur air kelas V. Dengan media pembelajaran tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan lebih baik. Prosedur pengembangan mengikuti prosedur dari Borg dan Gall yang diadaptasi dari Sugiyono. Tahapan tersebut berupa identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, dan produksi massal. Instrumen dalam pengembangan ini menggunakan angket, dokumentasi dan hasil belaja rsiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan dari penilaian validasi ahli media pembelajaran sebesar 83%, penilaian validasi ahli materi pembelajaran sebesar 97%, penilaian validasi ahli desain pembelajaran sebesar 87%, penilaian uji coba produk sebesar 83%, uji coba pemakaian 95%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran “MADURA” sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran IPA
AbstractionInstructional media is one important factor in the success of the learning process. The objective of this study is to determine the feasibility and effectiveness of MADURA learning media in Science learning of water cycle material of grade 5. With instructional media, the learning objectives can be delivered better. The development procedure follows the procedures of Borg and Gall adapted by Sugiyono. These stages include problem identification, information gathering, product design, design validation, design improvements, design trials, product revisions, usage trials, final product revisions, and mass production. Instruments in this development use questionnaires, documentation, and student learning outcomes. Technique of analyzing data that used is qualitative and quantitative descriptive technique. The results of the development study from the validation assessment of learning media expert is 83%, the validation assessment of learning material expert is 97%, the validation assessment of learning design expert is 87%, the assessment of product trials is 83%, and the usage trials is 95%. The results show that MADURA learning media is very effective to be used as learning media of Science.