Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN PEJAGAN 9 BANGKALAN SKRIPSI
    Penulis : Siti Fathania Ranita
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Fachur Rozie, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan design nonequivalent control group design dan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Hasil uji signifikan (uji-t) kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai thitung sebesar 34,16 dan ttabel t(a/2, n-2) = 2,07. Hasil uji signifikan (uji-t) hasil belajar diperoleh nilai thitung sebesar 10,08 dan ttabel t(a/2, n-2) = 2,07. Dengan demikian diperoleh thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Pejagan 9. Uji determinasi dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA diperoleh 98% untuk tes kemampuan berpikir kritis dan 81% untuk hasil belajar.

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of problem solving methods on the ability of critical thinking and learning outcomes of students of grade V elementary school on science subjects. This research is a quantitative research. The method used is quasi experimental method with nonequivalent control group design and sampling using saturated sampling technique. The research instrument used is the test instrument of critical thinking ability and test of learning result. Significant test results (t-test) critical thinking ability obtained tcount of 34,16 and ttable (a / 2, n-2) = 2.07. Significant test results (t-test) of learning results obtained tcount of 10.08 and ttable (a / 2, n-2) = 2.07. Thus obtained tcount> ttabel, then Ho is rejected and Ha accepted. So that learning by using problem solving method give significant influence to critical thinking ability of student and result of student learning of class V Pejagan 9 Primary School. Test of determination done to know the influence of problem solving method to critical thinking ability and science learning result obtained 98% for ability test Critical thinking and 81% for learning outcomes.

Detail Jurnal