Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Kemampuan Membaca Puisi Melalui Pembelajaran Musikalisasi Puisi pada Siswa kelas VI SDN Lajing 2 Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan Tahun ajaran 2017/2018
    Penulis : Muhamad Rizal Yunnanda
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan atau menggambarkan kemampuan membaca puisi melalui pembelajaran musikalisasi puisi siswa kelas VI di SDN Lajing 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah naturalistik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deksriptif. Narasumber yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 6 narasumber terdiri dari 5 siswa kelas VI dan guru kelas VI di SDN Lajing 2. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, teknik tes (unjuk kerja) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan membaca puisi siswa kelas VI di SDN Lajing 2 memenuhi kriteria sangat baik dengan rentang skor 16-20. Berdasarkan skor tertinggi yang diperoleh siswa, model pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat baik sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Puisi, Pembelajaran Musikalisasi Puisi

    Abstraction

    This research aimed to describe of ability of reading poetry using musicalization of poetry learning of grade VI student at SDN Lajing 2. This research used qualitative approach. This research was a naturalistic research. Method of this research used a descriptive method. Resource person at this were 6 people, which were 5 grade VI students and a class teacher of grade VI at SDN Lajing 2. Data collecting used interview, observation, test technique (show work) and also documentation. Data analysis through some phases, they were: data reduction, data display and conclusion drawing phase. Based on result of this research which named of student’s ability of reading poetry, grade VI students at SDN Lajing 2 had fulfilled on very good criterion and reached score 16-20. Based on this highest score range, learning model which used by the teacher were very good, so that the teacher could reach learning purpose as well as the teacher expected. Keywords: Ability of Reading Poetry, Musicalization of poetry learning

Detail Jurnal