Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA INCAR PETRIK (KINCIR AIR PEMBANGKIT LISTRIK) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN KALIJATEN KABUPATEN SIDOARJOPenulis : Rony Kuswandhanu HDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam. S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Fachrur Rozie. S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnnya media pembelajaran dalam pembelajaran IPA di SDN Kalijaten Kabupaten Sidoarjo. Solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran. Media Incar Petrik (Kincir Air Pembangkit Listrik) merupakan media pembelajaran tiga dimensi tentang materi energi alternatif perubahan energi air menjadi listrik. Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang sangat layak, mudah digunakan, efektif, dan menarik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Sugiyono yang mengadaptasi dari model Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan di SDN Kalijaten Kabupaten Sidoarjo. Hasil yang diperoleh dari para ahli adalah sebagai berikut: ahli materi 92,72%, ahli media 91,42%, dan ahli desain pembelajaran 88,57% dengan memperoleh nilai rata-rata 90,90%. Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba produk aktivitas guru mencapai 86,95% dan aktivitas siswa mencapai 89,85%. Sedangkan pada uji coba pemakaian aktivitas guru mencapai 91,30% dan aktivitas siswa mencapai 86,96%. Hasil angket pengguna pada uji coba produk mencapai 90% dan uji coba pemakaian mencapai 96%. Hasil angket respon siswa pada uji coba produk mencapai 100% dan uji coba pemakaian mencapai 97,20%. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran Incar Petrik dinyatakan sangat layak, sangat mudah diterapkan, efektif, dan menarik. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media Incar Petrik, Energi Altenatif
AbstractionThis research is motivated by the lack of learning media in science learning in SDN Kalijaten district Sidoarjo. Solution used to overcome the problem is by developing learning media. Media Incar Petrik (Waterwheel Power Plant) is a three dimensional learning media abaout alternative energy matter water energy changes into electrical energy. The purpose of this development research is to develop a learning media that is very feasible, easy to use, effective and interesting. This research is a research of Sugiyono model development that adapted from Borg and Gall model. This research is done in SDN Kalijaten district Sidoarjo. The result obtained from the experts are as follow: Material exspert 92,72%, media experts 91,42%, and learning design experts 88,57% by obtaining the average value 90,90%. Result of learning activity on experiment of teacher activity product reach 86,95% and student activity reach 89,85%. While in the trial use of teacher activity reached 91,30% and student activity reached 86,96%. The results of user questionnaires on product trials reached 90% and trial usage reached 96%. Result of questionnaire of student response on product trial reach 100% and trial usage reach 97,20%. Based on the result of the development or learning media Incar Petrik in declare very feasible, very easy to use, effective and interesting. Keywords : Media Learning, Media Incar Petrik, Alternative Energy