Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SDN BULUH 2
    Penulis : NENY NURJUMAINI
    Dosen Pembimbing I : MOHAMMAD EDY NURTAMAM, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :INDAH SETYO WARDHANI, S.Pd., M.Si
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa SDN Buluh 2 ditinjau dari faktor psikologis siswa dan mendeskripsikan faktor-faktor psikologis siswa SDN Buluh 2 dalam pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. AB memiliki tingkat kecerdasan tinggi, memiliki minat dan motivasi belajar matematika, menunjukkan sikap postif terhadap pelajaran matematika dan guru yang mengajar, serta memiliki bakat dibidang matematika. MF memiliki tingkat kecerdasan sedang, memiliki minat dan motivasi belajar matematika, menunjukkan sikap positif terhadap pelajaran matematika dan guru yang mengajar, serta memiliki bakat dibidang melukis. Sedangkan MA memiliki tingkat kecerdasan rendah, kurang memiliki minat dan motivasi belajar matematika, menunjukkan sikap negatif terhadap pelajaran matematika tetapi menunjukkan sikap positif terhadap guru yang mengajar. MA belum mengetahui bakat yang dimilikinya. hasil belajar matematika AB yaitu 85, hasil belajar matematika MF yaitu 79, sedangkan hasil belajar matematika MA yaitu 72. Kata kunci : faktor psikologis, hasil belajar, pelajaran matematika.

    Abstraction

    Abstrak This study has objectives to know the students learning results of mathematics of SDN Buluh 2 in terms of students psychological factors and to describe the psychological factors of students of SDN Buluh 2 in mathematics subject. This study uses qualitative approach with descriptive research type. Data collection methods that used are interviews and documentation. AB has high intelligence level, has an interest and motivation to learn mathematics, shows a positive attitude towards mathematics subject and the teacher, and has a talent in mathematics field. MF has moderate intelligence level, has interest and motivation to learn mathematics, shows a positive attitude towards mathematics subject and the teacher, and has a talent in painting field. Whereas, MA has low intelligence level, has lack of interest and motivation to learn mathematics, shows a negative attitude towards mathematics subject but shows a positive attitude towards the teacher. MA does not know his own talent. The result of AB mathematics learning is 85, the result of MF mathematics learning is 79, while the result of MA mathematics learning is 72. Keywords: psychological factors, learning results, mathematics

Detail Jurnal