Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATERI MENDENGARKAN CERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN BANCARAN 4
    Penulis : LAILA BUDIANTI
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M. Si.
    Abstraksi

    ABSTRAK Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan sebagai perantara antara guru dan siswa untuk menyampaikan materi sehingga mempermudah pros es pembelajaran serta bisa menarik perhatian siswa. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media animasi tentang materi mendengarkan cerita, yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V SDN Bancaran 4. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah diadaptasi Sugiyono (2015). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji coba kelayakan dari validator yaitu ahli media pembelajaran sebesar 78,8% dengan katerogi layak, ahli bahasa 72,5 dengan kategori layak, dan ahli desain pembelajaran 85% dengan kategori sangat layak, (2) hasil uji coba kemenarikan berdasarkan respon siswa 89,2% dengan kategori sangat menarik, (3) hasil keefektifan berdasarkan hasil tes tulis siswa dengan presentase ketuntasan 100%, hasil penilaian observasi aktivitas guru dan siswa masing-masing 90% dan 85,2% termasuk dalam kategori sangat efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah media animasi materi mendengarkan cerita layak, sangat efektif, sangat menarik digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SDN Bancaran 4. Kata Kunci: Media Animasi Pembelajaran, Animasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

    Abstraction

    ABSTRACT Learning media is a tool used as an intermediary between teachers and students to deliver the subject thus can simplify the learning process and can attract students attention. The media developed in this researchis an animation media about subject of listening story, which is use in learning Indonesian in five grader student of SDN Bancaran 4. This research use Borg and Gall development model that has been adapted by Sugiyono (2015). The result of the research shows that: (1) the result of validity test from the validator is the learning media expert equal to 78,7% with the decent category, the linguistic expert 72,5% with the decent category, and 85% design learning expert with very decent category, (2) the result of interest experiment bases on student’s response is 89,2% with very interesting category, (3) the result of effectiveness based on student’s written test result with 100% completeness percentage, observation result of teacher and student activities are 90% and 85,2% included in a very effective category. The conclusion of this research is the animation media for material of listening story suitable, very effective, very interesting used in the subject of Learning Indonesian class five in SDN Bancaran 4. Keywords: Media Animation Learning, Animation, Learning Indonesian

Detail Jurnal