Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) BERBANTU PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN PEJAGAN 9 BANGKALAN KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAPenulis : Mery Dwi KurniawatiDosen Pembimbing I : Dr. Harun Al Rasyid, M.SiDosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd,. M.PdAbstraksi
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams-Games-Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas IV dan untuk mengetahui motivasi siswa setelah diberikan pembelajran menggunakan model TGT. Penelitian ini dilakukan di SDN Pejagan 9 Bangkalan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design dan teknik menentukan ukuran sampel menggunakan teknik Solvin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar siswa, angket motivasi siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Perhitungan uji t dua sampel independen tes hasil belajar dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 6,45 > ttabel = 2,05, maka dapat disimpulkan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Pejagan 9 Bangkalan, yang berarti model pembelajaran TGT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil rata-rata persentase angket motivasi belajar sebesar 88,62% dengan kategori sangat kuat. Menunjukkan bahwa motivasi siswa saat pembelajaran menggunakan model TGT sangat kuat.
AbstractionAbstract The aims of this study to determine The Influences’ of Model Learning in Teams-Games-Tournament (TGT) for the result learning students class IV and to know the motivation of students after learned by TGT model. This research conducted at SDN Pejagan 9 Bangkalan. The method is used by quasi-experimental design Nonequivalent Control Group Design and sample standardize techniques uses technique Solvin. The data collection is used by instrument test result learning students, questionnaires of student motivation and observation sheet of learning implementations. The calculation t test is two independent samples resulted test by significance level 5% obtained t = 6.45> t table = 2,05, it concluded Ho is rejected, which means there are differences of result learning between the class control and class experiment in science subjects class IV SDN Pejagan 9 Bangkalan, which means that TGT learning model effected to results of students. The result of average percentage questionnaire learning motivation 88.62% indicate in strongest. Shows that student are used the motivation learning TGT model is strongest.