Detail Karya Ilmiah

  • PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 ( STUDI KASUS SD MUHAMMADIYAH 22 SURABAYA)
    Penulis : Rusti Qonitah Aisyah
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M.Si.
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pemahaman guru SD Muhammadiyah 22 Surabaya tentang penilaian autentik, (2) Untuk mendeskripsikan problem yang dialami guru SD Muhammadiyah 22 Surabaya dalam mengimplementasikan penilaian autentik, (3) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru SD Muhammadiyah 22 Surabaya dalam mengatasi problem yang dihadapi dalam mengimplementasikan penilaian autentik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus.Teknikpengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil observasidan wawancara pra penelitian dengan guru SD Muhammadiyah 22 Srabaya ditemukanbeberapa permasalahan, diantaranya yaitu berkaitan dengan pelaksanaan penilaian autentik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pemahaman guru subjek penelitian secara umum telah menguasai konsep penilaian, dan konsep penilaian autentik, (2) Problematika yang dihadapi guru subjek dalam implementasi penilaian autentik yaitu banyak aspek yang dinilai dan teknik yang digunakan, ketersediaan waktu, karakteristik siswa, jumlah siswa, dan individu guru, (3) Guru melakukan beberapa upaya untuk mengatasi problem yang dihadapi dalam mengimplementasikan penilaian autentik, contohnya berdiskusi dengan teman sejawat dan menambah referensi tentang penilaian autentik. Kata kunci: problematika, Penilaian Autentik, Kurikulum 2013

    Abstraction

    This research uses qualitative approach case study method. The purpose of this research is (1) To describe the teacher's understanding of SD Muhammadiyah 22 Surabaya about authentic assessment, (2) To describe the problems experienced by teachers of SD Muhammadiyah 22 Surabaya in implementing authentic assessment, (3) To describe the efforts of teachers of SD Muhammadiyah 22 Surabaya in addressing the problems encountered in implementing authentic assessment. Data collection techniques used observation techniques, interviews, and documentation. Based on the observation of several teachers in SD Muhammadiyah 22 Surabaya found several problems, including those related to the implementation of authentic assessment. The results showed that; (1) Understanding of the teacher's research subject, in general, have mastered the concept of assessment, and the concept of authentic assessment, (2) The problems faced by subject teachers in the implementation of authentic assessment are the many aspects assessed and the techniques used, the availability of time, the characteristics of the students, the number of students, And individual teachers, (3) Teachers make several attempts to overcome the problems encountered in implementing authentic assessment, for example discussing with peers and adding references to authentic judgments. Keywords:Problematic, Authentic Assessment, Curriculum 2013

Detail Jurnal