Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbasis Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Tanggul SidoarjoPenulis : Laili Mufida FachruwinarDosen Pembimbing I : Mujtahidin S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebiasaan guru dalam pembelajaran IPA yang masih menerapkan konsep materi secara abstrak. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan kesempatan siswa untuk mencari pengetahuannya sendiri melalui kegiatan belajar di luar kelas. Kegiatan tersebut dapat dibantu dengan metode outdoor learning.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis outdoor learning terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Tanggul Sidoarjo. Peneliti menggunakan metodequasy eksperimen dengan nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 56 siswa kelas III SDN Tanggul, pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t signifikansi diperoleh thitumg = 4,747 ttabel = 2,056 pada ?=0,05 dengan demikian thitumg >ttabel, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pendekatan kontekstual berbasis outdoor learning terhadap hasil belajar kelas III pada mata pelajaran IPA SDN Tanggul Sidoarjo. Kata kunci: Pendekatan kontekstual, outdoor learning, mata pelajaran IPA
AbstractionThe research is based on the problem of teacher’s habit in teaching learning proses of natural science that give an abstract learning material. One attempt to overcome that problem is giving opportunities for the student to gain knowledge by their own in CTL based outdoor learning. This research aims to describe the effect of natural sciences use contextual teaching learning based outdoor learningtoward learning outcomes of student grade III SDN Tanggul Sidoarjo. Sampling technique was nonprobability sampling with saturated sampling . The data analysis use were t-test significance. The result t test significance of tcount=4,747 ttable= 2,056 in ?=0,05 therefore tcount >ttable, so there is an influence of science learning by using CTL based outdoor learning toward the results of student learning grade III SDN Tanggul Sidoarjo. Keyword: Contextual teaching learning, outdoor learning, science learning