Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Made 4 Lamongan
    Penulis : Nur Hidayati Ningtyas Rochman
    Dosen Pembimbing I : Dr. Harun Al Rasyid M.Si
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini yang melatarbelakangi adalah permasalahan kebiasaan guru dalam pembelajaran IPA yang biasanya hanya menggunakan model pembelajaran konvensional dan pembelajaran hanya terpaku pada guru dan buku. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari pengetahuannya sendiri dengan kegiatan penemuan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaranguided discovery terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Made 4 Lamongan. Peneliti menggunakan desain quasi eksperimen dengan teknik non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Made 4 Lamongan, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuhData penelitian dianalisis menggunakan t-test independent. Hasil uji ¬t-test untuk nilai pretest adalah 0,094< ttabel 2,011 , dan Ho diterima artinya nilai pretest kelas kontrol dan eksperimen adalah sama. Hasil uji t-test untuk nilai posttest adalah 7,905> ttabel 2,011, dan Ho ditolak yang artinya terdapat perbadaan nilai posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perbedaan tersebut dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Made 4 Lamongan Kata kunci: Model Guided Discovery, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA.

    Abstraction

    This research is based on the problems of teachers' habits inscienceteaching and learning process which only use conventional method, teacher centered and textbook oriented. A solution offers to solve this problem is providing an opportunity for students to seek their own knowledge with discovery learning activities.This study aims to find the effect of guided discovery learning on students study result of grade V SDN Made 4 Lamongan. This research is quasi experimental design with non equivalent control group design technique. The population ofthis research is grade V student of SDN Made 4 Lamongan/ Made 4 Primary school, the data collection technique for taking sample is saturated technique.The data were analyzed using independent t-test. The test result showed for the pretest value was 0.094 ttable 2.011, and Ho was rejected which means the post-test value between experiment class and control class were different. Based on these differences can be concluded that there is positive effect of guided discovery learning model on the study results of science in grade V SDN Made 4 Lamongan Kata kunci: Guided Discovery Learning, Study Result, Science Subject.

Detail Jurnal