Detail Karya Ilmiah

  • UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELAS I DI SDN GILI BARAT
    Penulis : DEWI IMANIYAH
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Mahmud S.IP., M.Si
    Abstraksi

    Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting. Banyak siswa belum bisa membaca dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemapuan membaca kelas I SDN Gili Barat, kendala-kendala apa saja yang ada ketika meningkatkan kemampuan membaca permulaan, dan upaya guru untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif, menggunakan teknik pengumpul data, yaitu wawancara terstruktur dan observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Dari hasil analisis diketahui bahwa Kemampuan membaca permulaan pada kelas 1 cukup baik. hampir semua siswa kelas 1 SDN Gili Barat mampu menguasai lebih dari 20.000 kata-kata. Kendala-kendala yang ditemukan oleh guru pada saat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelas I di SDN Gili Barat disebabkan oleh : a. Motivasi b. Ekonomi dan Sosial, c. Psikologi. Upaya guru untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan yaitu :a. Motivasi memberikan motivasi diawal pembelajaran. menggunakan media gambar saat pembelajaran membaca. Metode yang digunakan berbeda. b. Ekonomi dan Sosial guru mempersiapkan bahan ajar atau sumber bacaan siswa ketika di sekolah, ada anggaran khusus untuk membeli buku bacaan namun hanya sedikit. Namun untuk sumber bacaan di rumah guru tidak melakukan apa-apa. c. Psikologi guru melakukan bimbingan berbeda antara yang sudah lancar membaca dengan yang belum bisa membaca.

    Abstraction

    Reading is one of language skills which very important. Many students cannot able to read fluently. This study is purpose to determine the ability of reading in the SDN Gili Barat class, what kind of obstacles to improve the reading ability at the beginning, and the efforts of teachers to improve the reading ability at the beginning. This study uses qualitative research, use data collection techniques, namely structured interviews and observations. The data analysis in this study is used Miles and Huberman model. From the analysis results note that the ability to read the beginning of class 1 is good enough. almost all students of grade 1 SDN Gili Barat are able to master more than 20,000 words. The constraints found by teachers when improving the reading ability of the beginning in class in Gili Barat elementari school are caused by: a. Motivation b. Economic and Social, c. Psychology Efforts Teachers To Improve Reading Ability Beginning namely: a. Motivation provides motivation at the beginning of learning.By using the image media while learning to read. The method which used is different.b. Economics and Social of teachers preparing teaching materials or reading sources of students when in school, there is a special budget to buy books but it’s very few. But for reading sources at home the teacher does not do anything. Psychology Teachers perform different guidance between those who already read lancer with who cannot read.

Detail Jurnal