Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA ANAK KELUARGA PEMULUNG MELALUI PEMBELAJARAN IPS KELAS III DI SDN DOYOMULYO LAMONGAN
    Penulis : Mu'asyaroh
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Mu’asyaroh. 2020. “Analisis Karakter Disiplin Peserta Didik Pada Anak Keluarga Pemulung Melalui Pembelajaran IPS Kelas III di SDN Doyomulyo Lamongan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Priyono Tri Febrianto, .S.Sos.,M.si. Pembimbing II Umi Hanik, S.Pd.,M.Pd ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter disiplin peserta didik pada anak keluarga pemulung melalui pembelajaran IPS kelas III SDN Doyomulyo Lamongan dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat serta pendukung karakter disiplin. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian di SDN Doyomulyo Lamongan. Subjek penelitian ini menggunakan 12 informan, yaitu 1 informan Kepala Sekolah SDN Doyomulyo Lamongan, 1 guru kelas III, 5 informan orang tua siswa dan 5 informan siswa. Teknik mengumpulkan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan/verifikasi data. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) siswa datang tepat waktu. (2) siswa mengerjakan tugas dipapan. (3) siswa tidak mencontek tugas temannya. (4) siswa membawa perlengkapan belajar saat pembelajaran IPS. (5) siswa mengejakan PR tepat waktu. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Disiplin, Keluarga Pemulung, Pembelajaran IPS

    Abstraction

    Mu’asyaroh. 2020. “An Analysis of Student Character Discipline Formation toward Children of Scavenger Families Through Social Studies Learning in Third Gradeat Doyomulyo Elementary School, Lamongan.” Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education Science, University of Trunojoyo Madura. Advisor I Priyono Tri Febrianto, .S.Sos.,M.si. Advisor II Umi Hanik, S.Pd.,M.Pd ABSTRACT The purpose of this study was to find out student character discipline formation toward children of scavenger families through social studies learning in third grade at Doyomulyo Elementary School, Lamongan and to determine inhibiting factors and supporters of character discipline formation. The approach of this study was used descriptive qualitative research. Research location at Doyomulyo Elementary School, Lamongan. Subjects of this study used 12 informants; those were 1 informant from headmaster of Doyomulyo Elementary School Lamongan, 1 class teacher of third grade, 5 parents' informants, and 5 student informants. Data collection techniques were used observation method, interviews, and documentation. Researcher’s sources of data used Purposive Sampling techniques. Meanwhile, to analyze the data obtained, the writer did it by reducing data, presenting data and concluding/verifying data. The results of this study showed that: (1) students arrive on time. (2) student work on the board. (3) student do not cheat their friend assignments. (4) students carry learning supplies while learning IPS. (5) students spell home assignments on time.. Keywords: Character Education, Discipline, Scavenger Families, Social Studies Learning (IPS)

Detail Jurnal