Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENERAPAN MEDIA DIORAMA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS II DI SDN PEJAGAN 1 BANGKALAN
    Penulis : Siti Nur Aini
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Pembelajaran bahasa Indonesia mencakup 4 aspek yaitu, menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah kurangnya minat siswa dalam pembelajaran menulis yang berakibat rendahnya hasil belajar siswa. Media diorama merupakan salah satu cara yang dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media diorama terhadap keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas II di SDN Pejagan 1 Bangkalan. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Hasil rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 83,27 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72,5. Berdasarkan hasil pengujian data post-test siswa diperoleh data dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Berdasarkan hal tersebut, maka data dianalisis menggunakan uji t-test independent. Kriteria pengujian jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis menunjukkan thitung = 4,255 > ttabel = 2,002, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil keterampilan menulis deskripsi siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perbedaan tersebut maka media diorama berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi.

    Abstraction

    Indonesian language learning consists four aspects, they are listening, speaking, reading and writing. One of the problem in Indonesian language learning is student not interest in write learning. So its make the result of the learning is low. Diorama media is one way that can make the student interest to write a description. The purpose of the study is to know the effects aplication diorama media towards skills to write description of the 2nd grade students in Pejagan 1 elementary school. The method of this research was quasi experimental with nonequivalent control group design. The data collective technique of this research are collected by observation, test, and questionnaire. The average for the post-test in the experiment class is 83,27 while the control class is 72,5. Based on the result of student post-test data, experiment class and control class been distributed normally and have a homogeneous variance. Under these conditions, the data were analyzed using by independent t-test. The criteria of examination was “if tcount > ttable so Ho refused and Ha accepted. The result of t-test analysis is tcount = 4,255 > ttable = 2,002, Ho refused and Ha accepted, its mean that the result of experiment class and control class is different. From the difference of the result it can be conclude that diorama media has a influence towards skills to write descriptoin.

Detail Jurnal