Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEORI VAN HIELE PADA MATERI GEOMETRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN NOREH 1 SAMPANGPenulis : MAULA DZIKRIL HAKIMDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.SiDosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.PdAbstraksi
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis teori Van Hiele dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment jenis non-equivalent control group desaign. Sampel yang digunakan sebanyak 42 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, dan lembar observasi. Hasil uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung=5,2723 > ttabel= 2,021 maka ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis teori Van Hiele dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yaitu sebesar 75,68 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok kontrol yaitu 62, sehingga ada pengaruh pembelajaran berbasis teori Van Hiele terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis teori Van Hiele memberikan pengaruh sebesar 64% terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : pembelajaran matematika, teori Van Hiele, hasil belajar
AbstractionThe purposes of this research were to know difference between students result who learn by using Van Hiele based learning and students who learn by using coneventional learning model. This research uses quantitative method with quasi esperimental research type non equivalent control group desaign. The sample that used in this research were 42 students using saturated sampling. Collecting data using students achievement test and observasion sheet. The result of t-test at 5% significant level obtained tcount=5,2723 > ttable=2,021 then the conlude that there are significant difference in learning outcomes students who learn by Van Hiele based learning and students who learn by with conventional learning model. The result of this research show overall average score in the experimental group that is equal to 75,68 higher than average score in the control group 62, so there is influence of Van Hiele model based learning to result of learning mathematic. This research show that learning using Van Hiele based learning give a 64% effect on students mathematic learning outcomes. Keywords : mathematic learning, Van Hiele theory, learning outcomes