Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PADA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI PENGGOLONGAN HEWAN DI SDN KEMAYORAN 2 BANGKALANPenulis : MOH. MUSTAQIM AMINDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S. Pd., M.Pd.Abstraksi
ABSTRAK Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan penggunaan media pembelajaran oleh guru dalam membantu proses pembelajaran, sehingga nilai dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alammasih kurang. Media merupakan salah satu faktor yang penting dalam proses pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kemenarikan media monopoli Ilmu Pengetahuan Alam materi penggolongan hewan. Tahapan Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang di modifikasi oleh Sugiyono, yaitu. Identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persentase kevalidan media monopoli memperoleh hasil rata-rata persentase dari 3 validator, ahli media pembelajaran, ahli materi, dan ahli Bahasa sebesar 84,02% (sangat valid). Keefektifan media monopoli memperoleh persentase dari observasi aktivitas guru sebesar 92,39% (efektif), dan observasi aktivitas siswa sebesar 86,73% (efektif), serta hasil belajar siswa 90% tuntas (efektif). Kemenarikan media monopoli dari angket respon siswa memperoleh persentase 95% (menarik). Hasil tersebut menunjukkan bahwa media monopoli sangat valid, efektif dan menarik. Sehingga media monopoli layak digunakan sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi penggolongan hewan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Monopoli, IPA, Model Pengembangan Borg and Gall
AbstractionABSTRACT This development is motivated by the limited use of instructional media by teachers in helping the learning process, so that the value and interest of students in Natural Science lesson. Media is one of the important factors in the learning process. This research and development aims to know the validity, effectiveness, and attractiveness of monopoly media of Natural Science of animal class material. Stages This research and development using Borg and Gall model modified by Sugiyono, that is. Problem identification, information gathering, product design, design validation, design improvements, product trials, product revisions, usage trials, product revisions, and mass production. Based on the results of research conducted, obtained the result that the percentage of validity and media monopoly obtained the average percentage of 3 validators, learning media experts, material experts, and according to linguits of 84.02% (very valid). The effectiveness of monopoly media obtained percentage of activity observation is92,39% (effective), and student activity observation is 86,73% (effective), and result of student learning 90% complete (effective). The monopoly media attractiveness of the student response questionnaire earned a 95% percentage (interesting). These results indicate that the monopolist media is very valid, effective and interesting. So that the monopoly media deserve to be used as a medium of learning of Natural Science animal classification material. KeyWord: Learning Media, Monopoly, Science, Borg and Gall Development Model