Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMANFAATAN ALAT PERAGA IPS TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SARONGGI KABUPATEN SUMENEP
    Penulis : SUTTRISNO
    Dosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTO, S.Sos,. M.Si.
    Dosen Pembimbing II :ANDIKA ADINANDA SISWOYO, S.Pd,. M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemanfaatan alat peraga IPS (variabel X) terhadap kinerja guru Sekolah Dasar (variabel Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif noneksperimen dengan metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 30 guru di 10 Sekolah Dasar di Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep melalui teknik pengambilan sampel Nonprobability Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan lembar observasi Pemanfaatan alat peraga IPS dan angket kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian, menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji signifikasi diperoleh data persamaan regresi linier sederhana kontribusi yang disumbangkan variabel X terhadap variabel Y sebesar Y = 23,23+0,505X dengan nilai r = 0,526. Hasil analisis menggunakan uji signifikan thitung (3,271) > ttabel (2,048) maka Ho ditolak, dengan demikian artinya terdapat pengaruh antara Pemanfaatan alat peraga IPS dengan kinerja guru.

    Abstraction

    This research aim is to know the influence of teaching aids utilization of social science subject (variable X) towards teacher’s performance (variable Y). This study uses quantitative noneksperiment by applying quantitative descriptive reserch. The sample of the reserch is 30 teachers of 10 elementary school in Pragaan Sumenep by using questionnaire and observation sheet of the availability properties and teacher performance questionnaire. The result of this study using simple linier regression test and significance test obtained data of simple linear regression equation, the contribution of the variable X to Y is Y = 23,23+0,505X with r = 0,526. The result of significance test shows that tcount (3,271) > ttable (2,048), then Ho is rejected. From the result of the analysis, it can be seen that teaching aids utilization of Social Science subjet is incluences tecaher’s performance.

Detail Jurnal