Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMAL PUPPET TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ISI DONGENG SISWA KELAS II SDN BUNGAH
    Penulis : IDA ARUM SARI
    Dosen Pembimbing I : SULAIMAN, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :UMI HANIK, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang paling utama. Namun, banyak ditemukan bahwa siswa kurang tertarik dalam kegiatan menyimak. Untuk itu dalam kegiatan menyimak perlu didukung dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animal puppet terhadap kemampuan menyimak isi dongeng siswa kelas II SD Negeri Bungah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dan desain yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan menyimak isi dongeng, sedangkan variabel bebasnya adalah media animal puppet. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Bungah yang berjumlah 46 siswa yang diambil melalui teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan angket. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunakan media animal puppet dinyatakan berpengaruh terhadap kemampuan menyimak isi dongeng siswa kelas II SD Negeri Bungah. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung 2,394 > ttabel 2,32071, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan hasil posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal tersebut juga ditunjukkan dari rata-rata nilai hasil posttest yaitu kelas eksperimen sebesar 85,43 dan kelas kontrol sebesar 78,48. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 3,95% tergolong sangat baik, dan rata-rata respon siswa sebesar 91% berkategori sangat baik.

    Abstraction

    Heeding is a kind of the main skill of language. However, many students are not interested in heeding activity. For that reason, it should be supported by appropiate media usage. This research aimed to know the influence of animal puppet media usage to fairytale content heed skill of 2nd graders at SD Negeri Bungah. This research was using quantitative approach with the kind of research was quasi experimental and using non equivalent control group design. The tied variable of this research was heed skill, meanwhile the free variable was animal puppet media. The used sample was 46 students of 2nd grade at SD Negeri Bungah. the collecting data used test, observation and questionnaire. The collected data then was analyzed by using T-test. The result of this research showed that animal puppet media usage influenced fairytale content heed skill of 2nd graders at SD Negeri Bungah. It can be seen by the result of T-test which got value tcount 2,394 > ttable 2,32071, so it could be concluded that there is significant influence from posttest result of experiment class and control class. It also can be seen from the average of the posttest result was 85,43 and control class was 78,48. The average of study activity was 3,95% which was very well categorized and the average of students’ respond was 91% which was very good categorized.

Detail Jurnal