Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF SYNERGETIC TEACHING BERBASIS PENDEKATAN SOFTSKILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SDN PARSEH 1
    Penulis : Misbahul Munir
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Si
    Abstraksi

    Misbahul Munir. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Synergetic Teaching Berbasis Pendekatan Softskill Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Gaya Kelas IV SDN Parseh 1. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si. Pembimbing II: Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Parseh 1 yang berjumlah 49 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas IVA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik solvin karena 2 kelas yang diambil memiliki jumlah yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Synergetic Teaching berbasis pendekatan softskill terhadap prestasi belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan uji signifikansi, maka diperoleh nilai thitung sebesar 6,3 dan ttabel t(0,05/2, 20-2) = 2,10. Dengan nilai thitung > ttabel, ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Synergetic Teaching memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Parseh 1. Uji determinasi menunjukkan besarnya pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Synergetic Teaching terhadap prestasi belajar IPA yang diperoleh sebesar 68,89%. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Synergetic Teaching, Softskill, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

    Abstraction

    Misbahul Munir. 2017. Influence of A Synergetic Teaching in Active Learning Strategy Based on Soft Skill Approaching of Student’s Academic Achievement for Force Chapter - Science Major Grade IV at SDN Parseh 1. A Thesis. Elementary School Teacher Education Study Program. Faculty of Education. University of Trunojoyo Madura. Advisor I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si. Advisor II : Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This research is a quantitative research with a Quasi-Experimental Design. This research took 49 students Grade IV at SDN Parseh 1. Sample are taken are two classes which one of class IV-A as a control class with the total 24 students and class IV-B as a experiment class with the total 20 students. This research used a solvin technique because this took 2 classes with different amount of students. The result was this learning strategy gave any significant effect to student’s academic achievement. This one based on calculation result of significance testing, then was gained score of t-score was 6.3 and t-table t (0,05/2, 20-2 ) = 2.10. t-score > t-table, it meant Ho was rejected and Ha was accepted. So, a Synergetic Teaching in Active Learning Strategy could give a significant effect to student’s academic achievement on grade IV at SDN Parseh 1. Determining testing was did to know how many of effect of this strategy to student’s academic achievement and its score was 68.89%. Keywords : Synergetic Teaching in Active Learning Strategy, Soft Skill Approaching, Academic Achivement, Science Major

Detail Jurnal