Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Circuit Learning Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 di SDN Kalijaten Sidoarjo.Penulis : Maulana Akbar Nur AffandyDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran IPA dengan menggunakan model Circuit Learning berbasis eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Kalijtaen Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan 38 siswa sebagai sampel yaitu 19 siswa di kelas eksperimen dan 19 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan, tes, angket, dan observasi. Tahap-tahap yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji linieritas, regresi sederhana, N-gain ternormalisasi, dan koefesian determinasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pengaruh yang signifikan Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Circuit Learning Berbasis Eksperimen terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan t hitung =14,25 dan t tabel t(?/2, n-2) = 2,11 dengan taraf signifikan sebesar ? = 5% dan koefisien determinasi sebesar 92,28%. Sesuai dengan kaidah pengujian t hitung > t tabel maka, 14,25 > 2,11 H o ditolak dan ada pengaruh yang signifikan pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Circuit Learning Berbasis Eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Kalijaten. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Circuit Learning Berbasis Eksperimen diperoleh 77% dalam kategori baik. Respon siswa setelah mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan model Circuit Learning Berbasis Eksperimen diperoleh 91% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Pembelajaran IPA, Model Circuit Learning Berbasis Eksperimen, Hasil Belajar.
AbstractionThe purpose of this study is to know wheather there is significant influence in science learning using Experiment-Based Circuit Learning Model Of Students Learning Outcomes Grade 4 In SDN Kalijaten Sidoarjo. This research was quantitative research. The research design used in this research was quasi experimental design with nonequivalent control group design. This study used 38 students as sample. 19 students in the experimental class and 19 students in the control class. Data collection techniques in this study used tests, questionnaires, and observations. The testing stages used were validity, reliability, normality, homogeneity, linear test, simple regression, Ngain ternormalisasi, and coefficient of determination. The results of this study indicate that there is a significant effect of science learning by using experiment-based Circuit Learning model gives an effect on students’ learning outcomes based on the calculation results of significant test, t count = 14,25 and t table = 2,11 wit h significant level of ? = 5% and the coefficient of determinat ion is 92,28%. Based on the rule of t count > t table obtained 14,25 > 2,11, h 0 rejected and there was a significant science learning by using experiment-based Circuit Learning model of students learning outcomes grade 4 in SDN Kalijaten Sidoarjo. Students activity in gives an effect on students’ learning outcomes obtained 77% with good category. Student response after following learning science using experiment-based Circuit Learning model obtained 91% with category is very good. Keywords: Learning Science, Experiment-based Model of Circuit Learning Model, Learning Outcomes.