Detail Karya Ilmiah

  • Pemetaan Gaya Belajar Siswa Berprestasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Se-Gugus 4 Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan.
    Penulis : Hikmatul Laila Rohmayati
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan mengetahui gaya belajar siswa berprestasi matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif sehingga jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian naturalistik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berprestasi matematika di sekolah dasar se-gugus 4 kecamatan Socah kabupaten Bangkalan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemetaan gaya belajar siswa berprestasi matematika kelas IV merupakan kombinasi gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Komposisi dan kecenderungan gaya belajar siswa berprestasi matematika berbeda. Mereka cenderung memiliki karakteristik gaya belajar visual dengan rincian siswa pada satu sekolah lebih menunjukkan gaya belajar kinestetik, dan siswa pada tujuh sekolah menunjukkan gaya belajar visual. Kata Kunci: Pemetaan,Gaya Belajar,Prestasi,Matematika SD.

    Abstraction

    This study has an objective to know the learning style of high achieving student on mathematics in elementary school. This study uses a qualitative approach with descriptive method so that the type of study used is naturalistic research. The subject of this study is fourth grade high achieving students on mathematics in elementary school as cluster 4 of Socah Sub District Bangkalan Regency. The collecting data is done by using technique of observation, interview, and documentation. The results of the study show that learning style mapping of fourth grade high achieving students on mathematics is a combination of visual, auditorial, and kinesthetic learning styles. The composition and tendency of learning style of high achieving students on mathematics is different. They tend to have the characteristic of visual learning style with the details of students at one schools show more kinesthetic learning style, and students at seven school show visual learning style. Keywords: Mapping, Learning Style, Achievement, Elementary Mathematic.

Detail Jurnal