Detail Karya Ilmiah

  • Korelasi Kecerdasan Intrapersonal Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Semester 1 SDN Kraton 2 Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017
    Penulis : RETTA DWI TAMARA
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan metode ex-postfacto. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kraton 2 Bangkalan. Populasi Jumlah siswa kelas IV SDN Kraton 2 Bangkalan yaitu sebanyak 25 siswa yang nantinya akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah angket. sebelum penelitian dilaksanakan, peneliti melakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk mengetahui kevalidan dan kereliabelan instrumen yang nantinya akan digunakan dalam penelitian. Untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linieritas, indepedensi, homoskedastisitas dan uji hipotesis. Hasil uji signifikasi (uji korelasi) menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kraton 2 Bangkalan. Hal itu buktikan oleh data yang diperoleh yaitu thitung = 13,7133 > ttabel = 1,714 dengan kata lain terdapat korelasi positif antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Hasil Belajar

    Abstraction

    This research is conducted to understand the relation of intrapersonal intelligence and the students’ outcomes. In this research, the approach that is used is descriptive qualitative with ex-postfacto method. The subjects of this research are the fourth grade students of SDN Kraton 2 Bangkalan. The total number of the fourth grade students in SDN Kraton 2 Bangkalan is 25 students that would become the sample of this research. The instrument used in this research is by survey. Before the study is conducted, the researcher has done validity and reliability test to determine the validity and reliability of the instrument that is used in this research. The data analysis uses normality test, linearity test, independency, homoscedasticity and hypothesis test. The result of signification test (correlation test) shows that there is correlation between intrapersonal intelligence and the learning outcomes of the fourth grade students in SDN Kraton 2 Bangkalan. This is proved by the data that have been obtained as such tcount = 13,7133 > ttable = 1,714, in other words there is positive correlation between intrapersonal intelligence and the students’ learning outcomes. Keywords: Intrapersonal Intelligence and Learning Outcomes

Detail Jurnal