Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS KOMPETENSI GURU KELAS V SDN I CERME KIDUL DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013Penulis : FUNI YULIA RAHMADosen Pembimbing I : SULAIMAN, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :PRIYONO TRI FEBRIANTO, S.Sos,. M.siAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam pembelajaran Kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru kelas V SD Negeri I Cerme Kidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif sehingga jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian naturalistik. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah guru kelas V sudah kompeten dalam mengajar pembelajaran Kurikulum 2013. Pengukuran kompeten didasarkan atas 4 kompetensi, diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Namun perlunya keseimbangan dalam hal kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, dalam hal media 2 pembelajaran yang kurang seimbang antara berbasis teknologi dengan benda konkrit sedangkan dasar kurikulum 2013 harus menyelaraskan keduanya
AbstractionThis study has an objective to know the competence of teacher in the 2013 curriculum lesson at Cerme Kidul I Elementary School. This study uses a qualitative approach with descriptive method so that type of study used is naturalistic reaseach. The subject of this study is fifthgrade teacher. The collecting data is done by using technique of observation, interview, and documentation. The results of the study show that the fifth-grade teacher at Cerme Kidul I Elementary School in the 2013 curriculum lesson already competent. The measuring based of 4 competence, the example pedagogic competence, profesional competence, social competence and personality competence. But, the need for balance in terms of pedagogic competence and profesional competence of learning media is less balanced between technology-based with concrete objects while the basic curriculum 2013 should align both