Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan menggunakan model The learning cell berbantuam media ular tangga terhadap hasil belajar Siswa kelasV SDN Kapas 1 Bojonegoro
    Penulis : Dwi Saputro
    Dosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S. Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran Matematika dengan menggunakan model the learning cell berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Kapas 1 Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan 40 siswa sebagai sampel yaitu 20 siswa di kelas eksperimen dan 20 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tahap-tahap yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linieritas, regresi sederhana, dan koefesian determinasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran matematika dengan menggunakan model the learning cell berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan t hitung =14,69 dan t tabel t(?/2, n-2) = 2,10 dengan taraf signifikan sebesar ? = 5% dan koefisien determinasi sebesar 92,30%. Sesuai dengan kaidah pengujian t hitung > t tabel maka, H o ditolak dan ada pengaruh yang signifikan pembelajaran matematika dengan menggunakan model the learning cell berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kapas 1. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model the learning cell berbantuan media ular tangga diperoleh 84% dalam kategori sangat baik Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Model The Learning Cell, Media Ular Tangga Hasil Belajar.

    Abstraction

    The purpose of this research is to know whether the influence of learning mathematics by using the model of the learning cell with ladder snake toward the results learning students of class V in SDN Kapas 1 Bojonegoro. This research is a quantitative research. The research design used in this research is quasi experimental design with type nonequivalent control group design. This research uses 40 students as sample that is 20 student in experiment class and 20 student in control class. Technique of collecting data in this research using test and observation. The stages used are validity, reliability, normality, homogeneity, linearity test, simple regression, and coefficient of determination. The result of this research showed that the significant influence of mathematics learning by using the learning cell model of ladder Snake media toward the students' learning result based on the result of t test = 14,69 and t table xix t (? / 2, n-2) = 2,10 with a significant level of ? = 5% and the coefficient of determination of 92.30%. In accordance with the rule of t test > t table , so that H o is rejected and there is a significant effect of learning mathematics by using the learning cell model of the snake ladder to the students' learning outcomes class V SDN Kapas 1. Student activity in the learning process mathematics using The learning cell model Aided by ladder snake media obtained 84% is in very good category. Keywords: Mathematics Learning, The Learning Cell Model, Snake Media Ladder Learning Results.

Detail Jurnal