Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Kemampuan Membaca Puisi Siswa Dengan Model Direct Instruction pada kelas III SDN Buluh 1 Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan Tahun ajaran 2016/2017Penulis : Siti Nur AiniDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Andika Adinanda, S.Pd., M.PdAbstraksi
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan atau menggambarkan kemampuan membaca puisi melalui model Direct Instruction siswa kelas III di SDN Buluh 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah naturalistik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deksriptif. Narasumber yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 7 narasumber terdiri dari 6 siswa kelas III dan guru kelas III di SDN Buluh 1. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, teknik tes (unjuk kerja) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahapan reduksi, display dan conclusing. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan membaca puisi siswa kelas III di SDN Buluh 1 memenuhi kriteria sangat baik dengan rentang skor 16-20. Berdasarkan skor tertinggi yang diperoleh siswa, model pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat efektif sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Model yang digunakan adalah model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Kata Kunci: Kemampuan Membaca Puisi, Model Direct Instruction
AbstractionThis research aimed to describe of students’ ability of reading poetry using Direct Instruction model of student grade III at SDN Buluh 1. This research used qualitative approach. This research was a naturalistic research. Method of this research used a descriptive method. Resource person at this were 7 people, which were 6 students grade III and a class teacher of grade III at SDN Buluh 1. Data collecting used interview, observation, test technique (show work) and also documentation. Data analysis through some phases, they were: reduction, display and conclusing phase. Based on result of this research which named of student’s ability of reading poetry, students grade III at SDN Buluh 1 had fulfilled on very good criterion and reached score 16-20. Based on this highest score range, learning model which used by the teacher were very effective, so that the teacher could reach learning purpose as well as the teacher expected. This learning used direct instruction learning model. Keywords: Ability of Reading Poetry, Direct Instruction Learning Model