Detail Karya Ilmiah

  • Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Prestasi Belajar Anak Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa(Studi Khasus di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan Tahun Ajaran 2017-2018)
    Penulis : Erna Solehatin
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengoptimalkan prestasi belajar anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Kualitatif deskriptif adalah pendekatan yang digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu dengan apa adanya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentas. Kepada guru, siswa dan orang tua. Berdasarkan pembahasan terhadap hasil penelitian yang terdapat pada gambaran singkat dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam mengoptimalkan prestasi belajar anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan telah mencakup perannya secara keseluruhan yaitu guru sebagai korektor, guru sebagai inspirator, guru sebagai informator, guru sebagai organisator, guru sebagai motivator, guru sebagai inisiator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai demonstator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator, guru sebagai supervisior dan guru sebagai evaluator. Kata kunci : Peran Guru dan Anak Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa

    Abstraction

    This research aims to determine the role of teachers in optimizing the learning achievement of special smart children and special gifted in SD Muhammadiyah 1 Bangkalan odd semester of the academic year 2017/2018. This research uses descriptive qualitative approach. Descriptive qualitative is the approach used to describe things for what they are. The data were collected by interview, observation, and documentation. To teachers, students and parents. Based on the discussion of the research results there is contained in a brief overview of the research results that has been implemented can be concluded that the role of teachers in optimizing the learning achievement of special smart children and special gifted in SD Muhammadiyah 1 Bangkalan has covered the overall role of teachers as a corrector, teachers as inspirators, teachers as informators, teachers as organizers, teachers as motivators, teachers as initiators, teachers as facilitators, teachers as mentors, teachers as demonstators, teachers as classroom managers, teachers as mediators, teachers as supervisors and teachers as evaluators. Keywords: Role of Teachers and Special Smart Children and Special Gifted

Detail Jurnal