Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Media Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPA Siwa Kelas V SDN Tanggul
    Penulis : Laili Aviva Sari
    Dosen Pembimbing I : Dr. Harun Al Rasyid M.Si
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbasis media alam sekitar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A dan VB SD Negeri Tanggul. Pengambilan sampel apada penelitian ini menggunakan teknik sampel sistematis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Data penelitian dianalisis menggunakan t-test independent. Hasil uji t-test untuk nilai pretest adalah 0,39 < ttabel 2,00172, Ho diterima artinya nilai pretest kelas kontrol dan eksperimen adalah sama. Hasil uji t-test untuk nilai posttest kelas kontrol dan eksperimen 8,32 > ttabel 2,00172, Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan nilai posttest antara kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbasis media alam sekitar dalam pembelajaran IPA mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Tanggul. Kata kunci : pendekatan saintifik, media alam sekitar, hasil belajar, mata pelajaran ipa

    Abstraction

    ABSTRACT This study aims to determine the influence of natural media-based scientific approach to the students results in science learning of grade 5th. This study is a quasy experimental research with the Nonequivalent Control Group Design. The subjects of this study are students of grade 5A and 5B at Tanggul Primary School. The data sampling taken by using systematic technique. Data collection techniques used are tests, observations, and questionnaires.The data of this study were analyzed using independent t-test. The result of t-test for pretest value is 0,39 ttable 2,00172, Ho was rejected which means there was difference of posttest value between control and experiment group. Based on the analysis result it can be concluded that the application of scientific approach based on natural environment as a medium in science learning has influence on the studentsresult of studyin grade 5th at Tanggul Primary School. Keyword: scientific approach, natural environment as a medium, result of study, science subject.

Detail Jurnal