Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SDIT NURUL ISLAM KREMBUNG SIDOARJO
    Penulis : Anggun Damai Rahayu
    Dosen Pembimbing I : Dr. Harun Al Rasyid, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kebiasaan guru dalam pembelajaran IPA yang masih menerapkan konsep materi secara abstrak dan kurang mengembangkan keterampilan proses sains. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan kesempatan siswa untuk mencari pengetahuannya sendiri melalui kegiatan penemuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis POE terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V SDIT Nurul Islam Sidoarjo.Peneliti menggunakan metode quasy eksperimendengan nonquievalen control grup desain. Popualsi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Nurul Islam Sidoarjo, pengambilan sampel menggunakan teknik solvin. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan rumus regresi linier sederhana, uji signifikan (uji t), uji determinasi. Dari hasil uji signifikan (uji t) terhadap hasil tes keterampilan proses sains di kelas eksperimen diketahui bahwa thitung 3,162 > ttabel 2,145 dengan hasil determinasi sebesar 41,67%. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh signifikan pembelajaran IPA berbasis POE terhadap keterampilan proses sains dengan pengaruh sebesar 41,67%. Peningkatan keterampilan proses sains siswa antara pretest dan posttest dilakukan uji gain ternormalisasi sebesar 0,44 dengan kriteria sedang.

    Abstraction

    This research is based on the problems of teacher’s habit in teaching learning process of natural science that give an abstract learning material and less develop science process skill. One attempt to overcome that problem is giving opportunities for the student to gain knowledge by their own in discovery activities..The research aims to describe the effect of natural science learning based on POE (predict-observe-explain) towards skill on science process the 5th grade student in Nurul Islam elementary school Krembung Sidoarjo. This research was a quasi-experiment with nonequivalen control group design. The population in this research are the 5th grade students in Nurul Islam. Sampling technique was nonprobability sampling with slovin technique. The data analysis used by simple linear regression, significance test (t test) and determination test. Based on the result of significance test (t test) on learning result, it states that tcount 3,162 > ttable2,042 within the result of determination as 41,67%. For it directs to reject the Ho and accept the Ha, so it means that there is a significance influence of natural science learning based on POE toward skill science process of 5th grade students in Nurul Islam elementary school Krembung Sidoarjo.

Detail Jurnal