Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VI MATERI SISTEM TATA SURYA DI SD YIMI GRESIKPenulis : QHOZIAH ALFIYATUNDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd, M.Si.Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Pengembangan multimedia interaktif berbasis PowerPoint pada mata pelajaran IPA materi sistem tata surya dilatarbelakangi dengan masalah yang ditemukan bahwa siswa kelas 6 menerima semua materi kelas 6 sesuai dengan kisi-kisi UN disemester I. Prosedur pengembangan mengikuti 4 prosedur model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk (1974) antara lain; Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Instrumen dalam pengembangan ini menggunakan angket respon siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji kelayakan, analisis uji kemenarikan dan uji keefektifan. Hasil uji kelayakan diperoleh dari ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media dan ahli bahasa sebesar 88,13%. Tingkat keefektifan dalam uji kelompok besar dari observasi aktivitas guru 93,75%, observasi aktivitas siswa 92,7%, dan hasil tes 87,5%, sedangkan tingkat kemenarikan produk dari respon siswa mencapai 96%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif sangat layak, sangat efektif dan sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Multimedia Interaktif, IPA, Sistem Tata Surya
AbstractionDevelopment of interactive multimedia based on PowerPoint on science lesson subject of solar system background by problem found that grade 6 students receive all grade 6 materials according to UN grid in the first semester. Development procedure following 14 procedures 4-D model, among others; Define, Design, Develop and Disseminate who develop by Thiagarajan, etc (1974). Instruments in this development using student response questionnaires, teacher activity observation sheets, student activity observation sheets and test sheets. Data analysis techniques used are appropriateness test, attractiveness test and effectiveness test. The results of the appropriateness test are obtained from the material experts, design instructional experts, media experts and linguists reach 88,13%. Level of effectiveness in large group test from teacher activity observation 93,75%, student activity observation 92,7%, and test result 87,5%, while product attractiveness level of student response reach 96%. These results show that interactive multimedia is very appropriate, highly effective and very interesting to use in learning. Keywords: Interactive Multimedia, Science, Solar System