Detail Karya Ilmiah

  • outdoor learning dalam mengembangkan karakter religius dan tanggung jawab siswa di sekolah alam rumah matahari sidoarjo
    Penulis : EVRISA RIZKY DAMAYANTI
    Dosen Pembimbing I : Dr. Harun Al-rasyid, M.si
    Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP,. M.Si
    Abstraksi

    Outdoor learning merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan yang dimiliki outdoor learning yaitu menjadikan siswa lebih aktif, siswa lebih semangat, membuat daya ingat siswa lebih lama, pembelajaran lebih menginspirasi siswa, dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa serta dapat mengembangkan nilai karakter dan akhlak mulia. Adapun nilai karakter yang dikembangkan dalam outdoor learning adalah karakter religius dan karakter tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan outdoor learning dalam mengembangkan karakter religius dan karakter tanggung jawab siswa Sekolah Alam Rumah Matahari Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksplanatif. Sumber data primer diperoleh dari narasumber kepala sekolah, guru dan siswa, dengan menggunakan teknik snowball sampling. Sumber data sekunder sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelaksanaan outdoor learning dalam pengembangkan karakter religius dan karakter tanggung jawab dengan mengintegrasikan karakter kedalam semua mata pelajaran, pemberian atau penyampaian nilai-nilai karakter yang terkandung dalam setiap materi pelajaran, seperti memberikan contoh-contoh yang positif, memberikan stimulus-stimulus berupa pertanyaan dan merelaksasi siswa. Bentuk outdoor learning yang digunakan di sekolah alam rumah matahari yaitu jelajah alam dan include kedalam pembelajaran. Outdoor learning di Sekolah Alam Rumah Matahari memiliki langkah-langkah seperti berikut: (1) pengkondisian siswa (2) penjelasan (3) mengalami (4) mengaitkan (5) menekankan pemahaman (6) refleksi (7) evaluasi. Langkah-langkah tersebut menunjukan bahwa variasi bentuk outdoor learning include kedalam kegiatan pembelajaran dan dikombinasi dengan kontekstual.

    Abstraction

    Outdoor learning is one innovation learning that has many advantages. Some of outdoor learning advantages are to make students more active, enthusiasm, make longer of their memory, inspire them, improve their knowledge, attitude and skills, and improve the characters value and noble character. The character value developed in outdoor learning is a religious character and responsibility character. This study aims to find out how the implementation of outdoor learning in developing the students’ religious character and responsibility character of Sekolah Alam Rumah Matahari Sidoarjo. This research is an explanative qualitative research. Primary data sources were obtained from principals, teachers and students, using snowball sampling technique. Secondary data source as supporting data in this research. While to collecting the data were using interviews, observation and documentation. The results showed that the implementation of outdoor learning in the development of religious character and responsibility character by integrating the characters into all subjects, giving or delivering the characters value contained in each subject matter, such as providing positive examples, providing stimulus in the form of questions and students relaxation. The form of outdoor learning that used in the Sekolah Alam Rumah Matahari Sidoarjo is roaming nature and include into the learning. Outdoor learning at the Sekolah Alam Rumah Matahari has the following steps: (1) student conditioning (2) explanation (3) experiences (4) links (5) emphasizes understanding (6) reflection (7) evaluation. That steps indicate the variation form of outdoor learning include into learning activities and combined with contextual

Detail Jurnal