Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PROFESIONALISME GURU SDN SOCAH 4 BANGKALAN
    Penulis : Handika Bayu Nugraha
    Dosen Pembimbing I : H. Priyono Tri Febrianto
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardani
    Abstraksi

    Melihat perkembangan pendidikan di Indonesia banyak ditemukan permasalahan guru dalam menjalankan kewajibannya sebagai pendidik. Bersadasarkan hal tersebut dibutuhkan upaya untuk meningkatkan pendidikan, salah satunya meningkatkann profesionalisme guru. Profesionalisme guru menunjuk pada bagaimana guru berkomitmen umtuk meningkatkan profesinya dalam menjalankan tugasnya dan terus mengembangkan strategi-strategi dalam bidang pendidikan. Tujuan penelitian untuk 1) Mengetahui kinerja profesionalisme guru. 2) Mengetahui kendala yang dialamai oleh guru sehingga tidak profesional. 3) Dapat meningkatkan profesionalisme guru. Proses pengambilan data penelitian menggunakan triangulasi teknik. Narasumber dalam penelitian adalah guru kelas 4 sampai dengan guru kelas 6 SDN Socah 4 Bangkalan. Sebagai data penguat penelitian ini mengambil sample dari narasumber siswa dan kepala sekolah. Hasil dari penelitian yaitu guru sudah cukup profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik. dilihat dari observasi guru dengan presentase 86,6%. Selain itu dengan merujuk pada skala penggolongan kriteria maka presentase 86,6% termasuk dalam kategori cukup baik. Dilihat dari hasil wawancara guru sudah memenuhi beberapa aspek pengambilan yaitu minat, komitmen, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Keenam aspek tersebut mampu dijalankan guru dengan cukup baik. Berdasarkan hasil observasi dan hasil wawancara dapat diketahui bahwa guru cukup baik dalam menjalankan kewajibannya sebagai pendidik, maka guru sudah cukup profesional dalam menjalankan kewajibannya sebagai pendidik.

    Abstraction

    Seeing the development of education in Indonesia found many problems of teachers in carrying out their obligations as educators. Based on this, efforts to improve education are needed, one of which is to improve the professionalism of teachers. Teacher professionalism refers to how teachers are committed to improving their profession in carrying out their duties and continuing to develop strategies in the field of education. The purpose of research to 1) Knowing the performance of teacher professionalism. 2) Knowing the obstacles experienced by the teacher so unprofessional. 3) Can improve the professionalism of teachers. The process of data retrieval research using triangulation techniques. Resource persons in the research are grade 4 teacher up to grade 6 teacher of SDN Socah 4 Bangkalan. As the amplifier data, this study takes samples from students and principals. The result of the research is the teacher is professional enough in carrying out his duties as an educator. Seen from teacher observation with percentage 86,6%. In addition, by referring to the criteria classification scale, the percentage of 86.6% is categorized quite well. Viewed from the results of interviews teachers have met several aspects of the taking of interest, commitment, pedagogic competence, personality competence, professional competence and social competence. The six aspects are able to run the teacher well enough. Based on the results of observation and interview results can be seen that the teacher is good enough in carrying out his obligations as an educator, then the teacher is professional enough in carrying out his obligations as an educator.

Detail Jurnal