Detail Karya Ilmiah
-
PENANAMAN ASPEK AFEKSI MELALUI PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS IV SDN BALUNGTAWUNPenulis : AYU RAHMAWATIDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd,.M.Pd.Dosen Pembimbing II :UmiHanik, S.Pd,.M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penanaman aspek afeksi yang dilakukan oleh tenaga pendidikan, namun di SDN Balungtawun aspek afeksi ini diperhatikan oleh guru dan ditanamkan melalui pembelajaran seni rupa. Objek pada penelitian ini adalah 1) guru seni rupa dan 2) siswa kelas IV. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunkan metode pengumpulan data yaitu; 1) Observasi; 2) Wawancara; dan 3) Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) pemahaman guru dapat diketahui dari kegiatan penanaman aspek afeksi pada pembelajaran seni rupa, seperti kegiatan meminta siswa untuk berdoa sebelum memulai dan mengakhiri pembelajaran, pada kegiatan siswa membuat dan mewarnai gambar, dan lain sebagainya; 2) aspek afeksi yang ditanamkan melalui pembelajaran seni rupa adalah a) kemauan, b) motivasi, c) penghargaan, d) religius, e) kerja sama, dan 6) estetika; 3) strategi yang digunakan guru dalam menanamkan aspeka feksi adalah strategi konseptual dengan menggunakan model Integrated dengan didukung metode pembelajaran yang bervariasi seperti a) metode ceramah, b) metode demonstrasi, c) metode diskusi, dan d) penugasan. Kata Kunci:Aspek Afeksi, Seni Rupa.
AbstractionThis research was based on lack of inculcating aspects of affection which was done by education personnel, however at SDN Baluntawun, this aspect of affection was noticed well by the teachers and inculcated though their fine art lessons. Objects of this research were: 1) teachers of fine atrs lessons and 2) strudents grade IV. This research used a qualitative-descriptive approaching model and also used some data collecting methods, such as: 1) obsevation, 2) interview and 3) documentation. Result of this research were: 1)teachers’ comprehension could be known through their activities about inculcating the aspects of affection through fine arts lessons, such as: when asking for their strudents to make a prayer before they began and ended that lessons, and also when the students made and coloured some figures, and ect; 2) affection aspects which was inclucated for strudents through this fie arts lessons, they were: 1) willingness, 2) motivation, 3) achievement, 4) religiosity, 5) cooperation, 6) aesthetics; 3) the teachers used some strategies about inculcated these aspects of affection, namely conceptual strategy, and it also used integrated model and supported by all sort of some learning methods, such as: a) discourse method, b) demonstration method, c) discussion method and d) assigment. Keywords: Aspect Of Affection, Fine Arts