Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA MELALUI KECERDASAN KINESTETIK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDN SAMBENGPenulis : Novilia MetanandaDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan membaca nyaring melalui kecerdasan kinestetik pada pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SDN Sambeng. Pembelajaran bahasa tidak lepas dari aspek membaca, menulis, berbicara dan menulis. Dari keempat aspek tersebut saling bermanfaat dan berguna dalam pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini objek penelitian berjumlah 20 siswa kelas II SDN Sambeng yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul akan direduksi dan triangulasikan kemudian dianalisis oleh peneliti. Dari hasil analisis diketahui bahwa dalam pembelajaran siswa mampu membaca puisi dengan baik. Dari analisis juga diketahui bahwa keterampilan membaca nyaring siswa sudah sesuai dengan aspek-aspek yang terdapat pada membaca nyaring yaitu membaca dengan terang, membaca dengan jelas, membaca tanpa terbata-bata. Guru menerapkan pembelajaran bahasa Indonesia membaca nyaring melalui kecerdasan kinestetik mengalami peningkatan dalam membaca nyaring yang sebelumnya kurang baik dalam membaca sekarang mampu membaca nyaring dengan sangat baik.
AbstractionThis study aims to describe the ability to read aloud through kinesthetic intelligence In Indonesian Language Lesson II Graders SDN Sambeng. Language learning cannot be separated from aspects of reading, writing, speaking, and writing. Of the four aspects are mutually useful and useful in Indonesian language lessons. This research uses descriptive qualitative research. In this study, the object of research is 20 students of class II SDN Sambeng consisting of 14 male students and 16 female students. Data collection used were observation, interview, and documentation. The collected data will be reduced and triangulated and analyzed by the researcher. From the results of the analysis is known that in learning students are able to read poetry well. From the analysis is also known that the ability to read aloud students is in accordance with the aspects contained in reading loud reading is clear, read clearly, read without stammering. The teacher applies the learning of Indonesian reading loudly through kinesthetic intelligence to an increase in loud reading which previously was less good in reading is now able to read aloud very well.