Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN LAGU ANAK-ANAK TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS II SDN TUNJUNG I BURNEH BANGKALANPenulis : RIA PUSPITA RANIDosen Pembimbing I : SULAIMAN, S.Pd.,M.PdDosen Pembimbing II :ISNA IDA MARDIYANA,S.Pd.,M.PdAbstraksi
Rani, Puspita Ria. 2017. Pengaruh Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Lagu Anak-Anak Terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas II SDN Tunjung 1 Burneh Bangkalan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Sulaiman, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Lagu Anak-Anak Terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas II SDN Tunjung 1 Burneh Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas II yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik solvin. Instrumen yang digunakan adalah tes sikap dan observasi. Rata-rata hasil nilai posttest yang diperoleh siswa dikelas eksperimen yaitu mencapai 59,77 sedangkan kelas kontrol yaitu 51,67. Hasil dari observasi aktivitas siswa diperoleh hasil rata-rata nilai 87 pada pertemuan pertama sedangkan pada pertemuan kedua memperoleh nilai rata-rata 90,4 dan dari kedua pertemuan tersebut dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan uji t komparatif pada nilai pretest diperoleh thitung?ttabel atau jika -2,064?-1,1?2,064 maka Ho diterima, artinya tidak ada perbedaan nilai pretest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Sedangkan uji t komparatif untuk nilai posttest diperoleh >ttabel= 13,42>2,064 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan nilai posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran Bahasa Indonesia dengan lagu anak terhadap perilaku prososial siswa kelas II SDN Tunjung 1 Burneh Bangkalan. Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Lagu anak-anak, Perilaku Prososial.
AbstractionRani, Puspita Ria. 2017. The Effect of Learning Bahasa Indonesia by Using Children’s Song towards Students’ Prosocial Attitude in Civic Course in the 2nd year of SDN Tunjung 1 Burneh. Thesis. Primary School Teacher Education Program, Faculty of Education , University of Trunojoyo Madura. Advisor I Sulaiman, S.Pd., M.Pd. Advisor II Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This study aims at finding The Effect of Learning Bahasa Indonesia by Using Children’s Song towards Students’ Prosocial Attitude in Civic Course in the 2nd year of SDN Tunjung 1 Burneh. The present research is a quantitative research using quasi experimental design. This research was conducted in the second year consisting of 52 students. The sampling technique used Solvin technique. The research insturements are test of attitude and observation. The average result of posttest gained by students in the experimental group reached 59,77 while control gruop reached 51,67. The average score of students observation in the first meeting was 87 and 90.4 in the second meeting. Both meetings are categorized very good. The result of t-test in the pre-test showed T-count ? T-table or -2,064?-1,1?2,064 meaning that Ho is accepted. This concluded there is no difference of pretest value between experimental group and control group. Whereas comparative t test for posttest value obtained > T-table = 13,42> 2.064 then Ho is rejected and Ha is accepted, meaning there is difference of posttest value between experimental group and control. This proves that there is influence between learning Bahasa Indonesia by using children’s song towards students’ prosocial attitude in the 2nd year of SDN Tunjung 1 Burneh Bangkalan. Keywords: Bahasa Indonesia, children’s song, Prosocial attitude