Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Ditinjau dari Pendidikan Prasekolah Non Prasekolah di SD Negeri Banyuajuh 5
    Penulis : Nurul Eliyanti Putri
    Dosen Pembimbing I : Dr. Harun Al Rasyid, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar yang diperoleh siswa prasekolah (TK) dan non prasekolah (non TK) di SD Negeri Banyuajuh 5 Kamal. Siswa kelas 1 memiliki prestasi belajar berbeda-beda yang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya ialah pengalaman pendidikan sebelum memasuki sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Kualitatif deskriptif adalah pendekatan yang digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu dengan apa adanya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada guru, orang tua dan siswa kelas 1. Kegiatan triangulasi data dilakukan untuk menjaga keabsahan data. Triangulasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Kegiatan analisis data dimulai dari pengambilan data, telaah data, reduksi data, menyusun data, pemeriksaan keabsahan data, dan penafsiran data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidikan prasekolah mempunyai peranan penting untuk menunjang prestasi belajar yang akan diperoleh siswa pada saat dia menduduki bangku kelas 1 sekolah dasar. Meski demikian, faktor lain yang bisa ikut andil dalam keberhasilan belajar siswa ialah dengan adanya dukungan dari lingkungan sekitar salah satunya adalah orang tua dan kemauan dari diri siswa sendiri. Sehingga nantinya siswa akan mampu mengembangkan dan lebih mengasah lagi kemampuan yang dimilikinya. Kata kunci: Prestasi belajar, Siswa SD, Pendidikan prasekolah dan non prasekolah.

    Abstraction

    This research aims to determine the learning achievement of preschool (TK) and non preschool (Non TK) students in SD Negeri Banyuajuh 5 Kamal. Grade 1 students have different abilities caused by several factors, one of which is the experience of education before entering elementary school. This research uses descriptive qualitative method. Descriptive qualitative is the approach used to describe things for what they are. The data collection are done by interview, observation, and documentation to the teachers and the 1st grade students. Triangulation data are done to keep the validation. Triangulation in this research using source triangulation. Data analysis are started from data collection, data analysis, data reduction, data compilation, data validation, and data interpretation. Based on the results of the research can be concluded that preschool education has an important role to support the learning achievement that will be obtained by students when he was in grade 1 elementary school. However, other factors that can contribute to the success of student learning is with the support of the environment around one of them are teachers and parents. So that the students will be able to develop and further hone again the ability it has. Keywords: Learning achievement, Elementary students, Preschool and non preschool education.

Detail Jurnal