Detail Karya Ilmiah
-
IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI BANYUAJUH 9 KAMALPenulis : ELMA RINI EKAWATIDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S,Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA kelas IV di SD Negeri Banyuajuh 9 Kamal. Pembelajaran sains saat ini kurang mengedepankan keterampilan proses sains (KPS), padahal aspek keterampilan proses sains merupakan dasar utama pembelajaran sains di kelas ataupun di labolatorium. Keterampilan proses penting dalam suatu pembelajaran karena memberikan kesempatan siswa dalam proses penemuan suatukonsep IPA. Untuk mengukur keterampilan proses sains siswa, digunakan pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada guru, dan 6 subyek penelitian siswa kelas 4.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa, dari kesembilan jenis keterampilan proses sains, keterampilan yang ditunjukkan siswa berupa mengamati, mengkomunikasi, mengajukan pertanyaan, mengklasifikasi dan merencanakan percobaan. Berdasarkan hasil tersebut, untuk meningkatkan aspek yang belum begitu nampak, seorang guru perlu menanamkan pemahaman dasar ketika diawal pembelajaran. Upaya tersebut dilakukan agar siswa dapat mengembangkan dan mengasah kemampuan keterampilan proses sains yang dimilikinya. Kata kunci: Keterampilan proses sains
AbstractionThis research aims to determine the implementation of science process skills in science learning grade IV in SD Negeri Banyuajuh 9 Kamal. Scientific learning is currently lacking the priority of science process skills (PPP), whereas aspects of science process skills are the main basis of science learning in the classroom or in the laboratory. Process skills are important in a learning because they provide students with opportunities in the process of discovery of an IPA concept. To measure students' science process skills, data collection was used with interview, observation, and documentation techniques for teachers, and 6 research subjects of grade 4 students. This research used descriptive qualitative research. Based on the data obtained shows that, from the nine types of skills of the process of science, the skills shown by students are observing, communicating, asking questions, classifying and planning experiments. Based on these results, to improve the aspect that has not been so visible, a teacher needs to instill a basic understanding when at the beginning of learning. The effort is done so that students can develop and hone the skills of the science process they have. Keywords: Science process skills