Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pembelajaran Kewarganegaraan dengan Menggunakan Model Telaah Yurisprudensi Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas IV SDN Tanjung Jati 1 Kamal
    Penulis : Riska Renilasari Narulita
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Exsperimental Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PKn dengan menggunakan model telaah yurisprudensi terhadap sikap nasionalisme siswa kelas IV SDN Tanjung Jati 1 Kamal. Jumlah populasi 45 siswa, teknik pengukuran sampel menggunakan teknik Solvin dengan jumlah sampel 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes sikap, angket respon siswa, dan lembar observasi. Persentase angket respon siswa yaitu 86% dengan kategori sangat baik. Rata-rata hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama diperoleh nilai 76,25 dengan kategori baik, sedangkan pada pertemuan kedua rata-rata nilai 86,5 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan koefisien korelasi dengan menggunakan persamaan regresi Y = 39,10 + 0,376 X. Hasil uji signifikansi (t), maka diperoleh 2,77 > 2,101, dengan kaedah thitung > ttabel berarti Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran PKn dengan menggunakan model telaah yurisprudensi terhadap sikap nasionalisme siswa kelas IV SDN Tanjung Jati 1 Kamal. Kata kunci: Model Telaah Yurisprudensi, Pembelajaran PKn, Sikap Nasionalisme

    Abstraction

    This research is a quantitative research designed with Quasi Exsperimental Design which aims to know the effect of citizenship education learning using the model of Jurisprudential Inquiry towards students' nationalism of 4th grade 1st Elementary School Tanjung Jati Kamal. The population are 45 students, measurement sampling technique using Solvin technique with samples are 40 students. The instruments used are attitude test, student response questionnaire, and observation sheet. The percentage of students response questionnaire is 86% with very good category. The average of observation result of students activity at first meeting obtained value of 76,25 with good category, while at second meeting average value 86,5 with very good category. Based on correlation coefficient by using regression equation Y = 39,10 + 0,376 X. Result of significance test (t), hence obtained 2,77> 2,101, with method of t count> t table meant reject H0, hence can be concluded that there is significant influence of citizenship education learning using the model of Jurisprudential Inquiry towards students' nationalism of 4th grade 1st Elementary School Tanjung Jati Kamal. Keywords: Learning Model of Jurisprudential Inquiry, Citizenship Education Learning, Nationalism Attitudes

Detail Jurnal